Mataram, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Regional IV tengah berlangsung. Senin (22/4), usai dihelat berbagai persiapan jelang pertandingan esok. Bertempat di Auditorium Universitas Mataram, semua peserta melakukan running test pada arena divisi masing-masing. EILERO yang mewakili Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dalam divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), juga berkesempatan melakukan running test.

Setelah sebelumnya melakukan Technical Meeting, Tim EILERO manfaatkan running test kali ini sebagai ajang mengenali dan beradaptasi di arena sesungguhnya. Bersaing dengan 41 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, EILERO baru dapat memulai pertandingan setelah dinyatakan lulus semua persyaratan. Mengawali jalannya pertandingan di putaran pertama, Tim EILERO tampak tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menjajal lapangan pertandingan.

Hal tersebut dibuktikan dengan penampilan EILERO di putaran selanjutnya, dimana EILERO yang melawan Tim ABINARA-1 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil mematikan lilin dalam kurun waktu 48,7 detik serta kembali ke Home terlebih dahulu. Alhasil, running test putaran kedua tersebut sukses mengantarkan EILERO untuk menduduki posisi dua teratas dengan perolehan nilai 1,65.

Pada putaran terakhir, peserta dapat memanfaatkan kesempatan tesebut untuk memantapkan strategi yang dimiliki. Begitu pula dengan EILERO, kesempatan ini digunakan untuk mengkalibrasi sensor juga melatih robot di posisi start yang berbeda-beda guna memperbaiki perfomanya. Diharapkan EILERO dapat tetap unggul di penampilan esok. (ENTCrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian