Surabaya, pens.ac.id – Rangkaian Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Regional IV akan dihelat pada Minggu hingga Selasa (21-23/4). Menjadi salah satu perguruan tinggi yang berlaga di babak penyisihan Regional IV, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengirimkan empat tim robotnya yakni ERISA, ERSOW, EILERO, PENSAE. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Tim EEPIS Robot Soccer (EROS) tidak mengikuti ajang KRI Regional IV tahun ini. Meski begitu, berbagai persiapan terus dilakukan guna meningkatkan performa kelima robot EROS.

Tim EROS menjadi satu-satunya tim dari PENS yang secara otomatis berlaga di KRI Nasional pada 19-23 Juni 2019. Hal ini dikarenakan EROS tercatat sebagai juara pertama sekaligus pemegang piala bergilir KRSBI Humanoid pada KRI 2018. Tim yang dibimbing oleh Anhar Risnumawan, S.ST., M.Sc. ini dipunggawai oleh 12 anggota diantaranya Aulia Khilmi Rizgi, Ryan Satria Wijaya, Ilham Fakhrul Arifin, M. Ayuf Basthomi, Ibrahim Musthofainal A., Cipta Priambodo, Rokhmat Febrianto, Miftahul Anwar, M. Rizqi Hasan, M. Yahya Indranuddin, Choirul Anwar Maulana dan Puguh Budi Wasono.

Meski tidak berlaga di tahap regional, Tim EROS terus melakukan berbagai persiapan untuk memaksimalkan performanya. Robot EROS yang terdiri dari Huda, Bambang, Slamet dan Umar, tahun ini mendapat satu personil baru yakni Bejo. “Tahun ini ada robot tambahan namanya Bejo. Nantinya bisa dijadikan cadangan kalau ada robot yang bermasalah,” ungkap Ketua Tim EROS, Aulia Khilmi Rizgi. Selain langsung melaju ke tahap Nasional pada Juni mendatang, pada bulan Juli EROS juga mewakili Indonesia di ajang RoboCup 2019 yang akan dilaksanakan di Sydney, Australia.

Terdapat beberapa perbedaan yang harus siap dihadapi oleh tim EROS tahun ini. “Tahun ini warna bola kembali ke warna oranye, sedangkan untuk teknis hampir sama seperti tahun lalu dan hanya ada sedikit perubahan,” ungkap Aulia. Ia juga menambahkan bahwa tahun ini Tim EROS melakukan penambahan kualitas positioning untuk meningkatkan performa EROS di lapangan. Dengan berbagai persiapan yang matang, diharapkan EROS dapat menyumbang medali kemenangan untuk PENS baik di kancah nasional maupun internasional. (tts/res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian