Surabaya, pens.ac.id – Tidak terasa Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Regional IV sudah didepan mata. Salah satu tim robot asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang juga menjadi bagian dalam perhelatan tersebut, yakni EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO) tengah melakukan persiapan dengan semaksimal mungkin. Berlangsung di Universitas Mataram, Tim EILERO yang akan bertanding pada Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) mengungkapkan bahwa mereka optimis dalam berkompetisi pada ajang yang akan diadakan selama tiga hari (21-24/4) mendatang.

Diketuai oleh M. Royhan Iqbal dari program studi Teknik Elektronika, Tim EILERO juga dibantu oleh empat anggota tim lainnya, yakni Ibnu Kresno Wibowo dan Hans Abdullah Shiddiqie yang berasal dari program studi Teknik Mekatronika, serta dua mahasiswa dari program studi Teknik Elektronika yaitu Aldifa Julian dan Alvin Teguh Budi Antok. Persiapan yang dilakukan sejak lama tidak terlepas dari dampingan dosen pembimbing yakni Adytia Dharmawan, S.ST., M.T. dan Eko Henfri Binugroho, S.ST., M.Sc.

Berbagai pembaharuan pun terus dilakukan untuk meningkatkan performa Robot EILERO pada event tahunan ini. Sebagai bentuk regenerasi dari tim sebelumnya, Tim EILERO juga merekrut tiga punggawa baru yaitu Ibnu, Aldiva, Alvin. Berbekal persiapan selama enam bulan, peraturan lomba yang tidak banyak mengalami perubahan, menjadikan tim EILERO semakin yakin untuk berlaga di kompetisi ini. “Tetap semangat agar mendapat gelar Juara 1 Regional dan Nasional agar dapat mewakili Indonesia di kompetisi internasional,” tutur Royhan.

Berdasarkan penampilan tahun lalu, beberapa evaluasi telah dilakukan untuk menunjang performa robot dalam bertanding pada kompetisi ini. Menjelang pelaksanaan KRI, doa dan dukungan terus dicurahkan kepada tim robot yang akan berjuang membawa nama baik PENS ini. Diharapkan, Tim EILERO dapat memberikan perfoma maksimalnya agar dapat membawa pulang gelar juara pada penyelenggaraan KRI 2019. (biy/res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian