Surabaya, pens.ac.id – Perhelatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Regional IV sudah semakin dekat. Tahun ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) akan menurunkan robot-robot terbaiknya pada empat divisi yang diperlombakan. Tim EEPIS Soccer Wheels (ERSOW) yang akan kembali berlaga pada Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda siap untuk suguhkan performa terbaiknya.

KRI 2019 Regional IV akan dilaksanakan di Universitas Mataram pada 21-23 April 2019. Pada tahap regional ini, ERSOW akan bersaing pada Divisi KRSBI Beroda dengan sebanyak 24 tim dari berbagai perguruan tinggi di Regional IV. Dibawah bimbingan Iwan Kurnianto Wibowo, S.ST., M.T., robot ERSOW yang akan bertanding secara full-autonomous ini telah siap berlaga untuk meraih hasil terbaik.

Tim ERSOW memiliki sebelas anggota, yakni Muhammad Abdul Haq, Agung Purwanto, Khoirul Anwar, Erna Alfi Nurrohmah, Fadl Lul Hakim Ihsan, Dwiky Pandu Irawan, Rizal Wahyu Pratama, Fendi Ardana Riadi, Achmad Fauzi, M. Nawwaf Rasyid, dan Renardi Adryantoro Priambudi. Pada pengerjaannya, tim terbagi dalam empat fokusan yaitu mekanik, software, hardware, dan vision.

Berkaca dari performa robot pada tahun sebelumnya, berbagai persiapan dan perbaikan telah dilakukan oleh tim. Muhammad Abdul Haq selaku ketua tim, mengaku segala persiapan telah dilakukan dengan matang. “Tahun ini kita insyaAllah sudah lebih siap. Robot sudah tidak ada error-error lagi,” ujar mahasiswa yang kerap disapa Haqi ini.

Tidak hanya dilakukan pengembangan pada robot, kekompakan juga merupakan kunci dari performa tim. “Selain kita semua harus menguasai skill, kekompakan juga harus dijaga. Selain itu kami juga berusaha untuk bisa bekerja dengan tenang dan tentunya sesuai dengan timeline pengerjaan. Semoga hasilnya juga baik dan kita bisa membalas kekalahan tahun lalu,” imbuh Haqi. Diharapkan, ERSOW mampu menunjukkan performa terbaiknya dan memberikan hasil yang terbaik pada KRI 2019 Regional IV ini. (res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian