Surabaya, pens.ac.id- Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali berpartisipasi dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019. Guna mempersiapkan hal ini, telah usai dilaksanakan Demo Robot Pra-Kontes pada Senin (15/04). Turut dihadiri oleh para dosen pembimbing dan pihak Manajemen PENS, kegiatan dihelat di Ruang Robot lantai 2 Gedung Pascasarjana PENS. Dalam kesempatan ini, tim robot PENS tunjukkan kesiapan untuk berlaga pada KRI Regional IV di Mataram pada 21-23 April mendatang.

Persiapan demi persiapan telah usai dilakukan oleh masing-masing tim mengingat mereka tidak mengetahui bagaimana kualitas dari lawan mereka di lapangan. Sampai pada H-3 KRI Regional pun, banyak dilakukan pembaharuan, pembenahan, dan inovasi terhadap robot-robot yang nantinya akan bertanding. Pembentukan tim menjadi langkah awal persiapannya, setelah itu dilaksanakan eksekusi pembuatan robot yang sesuai dengan tema peraturan pada KRI 2019. Sampai saat ini, PENS memiliki lima Tim Robot yakni EEPIS Robot Intelligent In Sense of Art (ERISA), EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO), EEPIS Robot Soccer (EROS), dan EEPIS Robot Soccer Wheels (ERSOW) dan PensAe yang merupakan salah satu kategori dari Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Tim EROS tidak berlaga di KRI Regional. Hal ini dikarenakan pada tahun sebelumnya EROS keluar sebagai juara pertama divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid pada KRI Nasional, sehingga mengantarkannya langsung berlaga di KRI Nasional 2019. Meski pada tahun ini EEPIS Support Team (EST) tidak bisa mengantarkan secara full team dikarenakan lokasi kontes perlombaan di Mataram, dukungan dan doa kepada seluruh tim yang berangkat tidak akan berkurang. “Kesetiaan dan semangat  juga kepedulian dari tim EST ini membuat tim robot semakin berusaha keras dan berapi-api untuk membawa pulang juara,” ungkap Novian Fajar Satria, S.ST., MT.

Perjuangan dari tim robot ini nantinya diharapkan bisa membuat bangga PENS dan seluruh civitas akademika. “Dari seleksi KRI Regional IV ini, tim robot dari PENS diharapkan bisa keluar menjadi juara dan melanjutkan ke tingkat Nasional yang merupakan harapan juga target kita pada tahun ini,” imbuh Novian Fajar Satria, S.ST., MT. Ia pun berharap untuk para civitas akademika agar lebih melihat dan menghargai kerja keras dari tim juga mengapresiasi dan mendukung mereka dalam hal apapun. (msa/tts)

wpChatIcon
EnglishIndonesian