Surabaya, pens.ac.id – Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kali ini, berhasil diraih prestasi pada ajang Industrial Automation and Robotic Competition (IARC) 2019 yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Elektro Otomasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Delegasi asal PENS yang mengirimkan lima tim pada kategori Line Tracer Mikro (LTM), berhasil menyabet dua gelar juara yakni oleh Tim Litflow yang mendapat Juara Pertama dan Tim Panzer Cendol Dawet yang meraih Juara Ketiga. Perhelatan tersebut berlangsung selama tiga hari (12-14/4) dan bertempat di Graha Pusat Robotika ITS.

IARC merupakan ajang kompetisi tingkat nasional di bidang teknologi, khususnya pada robotika, keilmiahan dan otomasi. Terdapat tujuh kategori yang dilombakan yakni Programmable Logic Controller (PLC), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Mading Electrics, Line Tracer Analog (LTA), Line Tracer Mikro (LTM), Lego NXT,  dan Smart Robotic Car (SRC). Bersaing dengan 43 perguruan tinggi dari berbagai daerah, Tim Litflow yang beranggotakan Ghagas Prabaswara dan Andre sukses membawa pulang gelar juara.

Walau berbekal persiapan yang terbilang singkat, Tim Litflow dapat menyelesaikan semua tantangan yang diberikan dengan baik. Aspek penilaian dari juri meliputi akumulasi waktu dari sesi penyisihan hingga final dimana tiap sesi terdapat dua kali race. “Semangat buat temen-temen lain yang sehobi dan masih memperjuangkan podium. Tetap semangat, berusaha, dan berdoa,” tutur Ghagas, selaku ketua tim.

Sementara itu, di posisi ketiga juga terdapat Tim Panzer Cendol Dawet yang beranggotakan Hasan Zainur Rohman, Galuh Setya Palupi, serta Andi Mei Prasetyo Isworo. “Untuk teman-teman PENS, jurusan tidak akan menghalangi kalian untuk mengembangkan minat. Meskipun tidak sesuai jurusan, habiskan kegagalan kalian selagi muda,” ungkap Hasan. Dengan prestasi yang diraih ini, diharapkan mahasiswa dapat terus mengembangkan kemampuan mereka dan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya. (biy/res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian