Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus berupaya untuk memperkuat jaringan kerjasama dengan berbagai institusi internasional. Jumat (12/3), Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. telah usai melakukan penandatanganan MoU dengan Tarlac Agricultural University Philiphines yakni Dr. Christine N. Ferrer. Kemudian diadakan pula kuliah tamu yang bertajuk “English Teaching and Learning in Asian Context” sebagai salah satu bentuk kerjasama antara kedua belah pihak.

Kuliah tamu yang diwadahi oleh PENS International Cooperation Office (PICO) tersebut bertempat di Ruang Miniteater Gedung Pascasarjana PENS dan diikuti oleh mahasiswa PENS dari berbagai jurusan. Kuliah tamu dibuka oleh MC yang dilanjutkan oleh Dr. Christine N.Ferrer yang memaparkan materi mengenai pembelajaran bahasa Inggris serta penggunaan bahasa Inggris di Asia. “Disini saya menjelaskan tentang pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris karena penerapan bahasa Inggris di Asia ini berbeda-beda. Kita disini harus tahu berbahasa Inggris  karena itu merupakan cara untuk berkomunikasi dengan dunia terutama saat adanya globalisasi dan internasionalisasi, kita juga dapat mengutarakan ide-ide kita dengan baik jika bisa berbahasa Inggris,” jelasnya.

Tidak hanya pemaparan materi, salah satu mahasiswa PENS yang mengikuti program pertukaran pelajar ke Filipina yakni Heri Yulianus, turut menceritakan secara singkat mengenai pengalamannya serta penerapan menggunakan Bahasa Inggris di negara tersebut. “Di Filipina bahasa Inggris digunakan untuk sehari-hari. Bahkan saat kami pergi ke pasar tradisional disana, mereka menggunakan Bahasa Inggris sehingga kami tidak kesulitan untuk membeli sesuatu. Untuk mahasiswa yang ingin terpilih student exchange, pikirkanlah strategi terbaik anda, buatlah rencana dan teruslah belajar, ” ungkapnya.

Dalam kuliah tamu ini mahasiswa terus dimotivasi agar semangat belajar dan mempraktikkan penggunaan Bahasa Inggris dengan teman maupun dosen. Di penghujung kegiatan, terdapat sesi tanya jawab yang diakhiri dengan foto bersama. Dengan adanya kuliah tamu dan kerjasama ini, diharapkan PENS dan Tarlac Agricultural University dapat terus melakukan student exchange dan bisa berkolaborasi lebih baik untuk kedepannya. (umi/res)