Surabaya, pens.ac.id – Demi menunjang perkuliahan, mahasiswa semester empat Program Studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai melaksanakan kunjungan ke Jawa Pos Media Televisi (JTV) pada Jumat (12/4). Kegiatan ini ditujukan untuk untuk melihat dan mempelajari cara produksi suatu program televisi yang mendukung Mata Kuliah Studio TV dan Bisnis Penyiaran. Pada kunjungan ini mahasiswa turut didampingi oleh dua dosen pengampu pada mata kuliah tersebut yakni  Dwi Susanto, S.ST., MT. dan Hestiasari Rante, S.T., M.Sc.

Setibanya dilokasi, mahasiswa diarahkan untuk menuju studio dan diberikan penjelasan mengenai JTV. Dimulai dari sejarah berdirinya TV lokal tersebut, program unggulan, ciri khas, hingga proses pembuatan suatu program. Para mahasiswa pun tampak antusias dalam mengikuti kegiatan, mulai dari pemaparan materi sampai pada sesi tanya jawab.

Setelah itu mahasiswa dipandu untuk ke studio selanjutnya untuk melihat proses tapping salah satu program JTV yaitu Muter Lagu (ML). Dijelaskan pula mengenai beberapa divisi yang bertugas saat melakukan tapping serta tahapan untuk penayangan suatu program. Selanjutnya para mahasiswa diajak untuk ke ruang editing untuk melihat secara langsung proses editing program acara JTV. “Dari kunjungan ini saya mendapat informasi tentang JTV khususnya, saya juga jadi tahu mengenai proses tapping serta editing. Semoga kedepannya bisa terus diadakan karena kita juga bisa dapat ilmunya dan tau cara mengimplementasikan ke dunia kerja,” ungkap Aulia Dwi Setyowati.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan pemberian cinderamata dan juga foto bersama. “Adanya kegiatan ini dilaksanakan untuk mengisi kuliah khususnya pada Mata Kuliah Bisnis Penyiaran dan Studio TV. Karena biasanya kita belajar itu di dalam kelas, padahal realitanya praktik di lapangan itu tidak selalu sama. Disini saya ingin mengajak mahasiswa untuk melihat langsung industri broadcasting itu seperti apa. Semoga saja kedepannya bisa terus diadakan, ” ujar Hestiasari Rante, S.T., M.Sc. selaku dosen. (umi/res)