Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka membekali mahasiswa dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kerap mengadakan Kuliah Tamu. Kamis (11/4), Program Studi Teknik Elektro Industri usai menyelenggaran Kuliah Tamu bertema Listrik di Era Industri 4.0 untuk Kehidupan yang Lebih Baik. Berlangsung di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.30 WIB ini dihadiri beberapa dosen dan 197 mahasiswa Teknik Elektro Industri baik dari kelas kerjasama PLN maupun kelas reguler. Kali ini, Ir. Bob Saril, M.Eng., Sc., selaku General Manager PT. PLN Persero Distribusi Jawa Timur turut dihadirkan sebagai pemateri.

Diawal sesi, mahasiswa yang hadir disuguhkan dengan pemutaran video yang menggambarkan akan vitalnya peran listrik di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, setiap harinya manusia pasti membutuhkan listrik dalam menjalankan aktivitasnya. Ir. Bob menyampaikan jika sejauh ini PT.PLN telah memiliki 72.452.815 pelanggan dengan kapasitas pembangkit sebesar 58.323 mW. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan pula beberapa perbandingan tarif listrik negara di ASEAN dan peta pertumbuhan penjualan listrik di Indonesia. Tidak hanya itu, materi tentang bahaya disrupsi di Era Digital serta peluang dan tantangan di Era Disrupsi Global juga turut disampaikan. Di era dinamis seperti ini kita dituntut dapat bergerak super lincah dalam beberapa hal seperti adaptive collaboration, complex problem solving, technology literacy, creativity and innovation, enterpreneural spirit, dan social responsibility.

Dengan cara penyampaian yang interaktif dan komunikatif, membuat mahasiswa tampak antusias dalam mengikuti jalannya acara. Tidak hanya itu, dalam sesi tanya jawab pun mahasiswa tampak aktif dalam melontarkan beberapa pertanyaan seputar perkembangan listrik di Era Revolusi Industri 4.0. Ïr. Bob berpesan bahwa untuk membangun Indonesia yang baik, terlebih dahulu harus merubah mindset dalam diri kita bahwa tujuan hidup adalah untuk berbakti kepada orang lain.

“Dalam membangun Indonesia yang lebih baik, dapat dimulai dari diri sendiri. Kita ciptakan diri kita untuk siap melalui ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada. Kita harus berusaha untuk memecahkan segala permasalan yang ada. Dan terakhir, tingkatkan belajar dan praktikkan ilmu yang telah didapat di lingkungan masyarakat,” ungkapnya. Ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama, diharapkan dengan adanya kuliah tamu ini dapat menambah wawasan mahasiswa Teknik Elektro Industri PENS khususnya dalam penggunaan serta perkembangan listrik di Era Industri 4.0. (dya)