Surabaya, pens.ac.id – Dalam membangun skill pengembangan serta pengetahuan mahasiswa, Developer Student Clubs (DSC) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah memfasilitasi mahasiswanya yang tengah melakukan penelitian. Jumat (5/4), Rafael Guetta yang merupakan Team Lead of Google Developer Student Production telah usai mengunjungi PENS untuk mendokumentasikan penelitian kelima alumni yang tengah mengembangkan aplikasi L-FLOOD.

Bertempat di Ruang PS 05.13 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan ini merupakan program Google secara global. Dimana Google telah bekerjasama dengan mahasiswa di Indonesia yang telah tersebar di 59 kampus dari beberapa wilayah. “Melalui program ini Google Developer Student Clubs (GDSC) mengajak mahasiswa untuk menyelesaikan masalah real, yang mana teknologi dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang ada,” tutur Ahmad Syauqi Ahsan, S.Kom., M.T. yang merupakan dosen  jurusan Teknik Informatika.

Tim yang berhasil menarik perhatian Rafael ini terdiri dari lima anggota, diantaranya Destiana Choirun Nisak, Atikah Zulfa, Fitria Nurindasari, Albian Abdika dan Rosi Ayu Wulandari. Pada momen tersebut mereka turut menjelaskan secara detail mengenai aplikasi yang dikembangkan. Tidak hanya itu, Ahmad Syauqi Ahsan, S.Kom., M.T, serta salah satu anggota berkesempatan untuk di interview mengenai L-FLOOD. Mereka memaparkan bahwa aplikasi tersebut merupakan aplikasi untuk peringatan banjir di daerah Bojonegoro. Dengan adanya aplikasi tersebut, nantinya masyarakat akan mendapatkan peringatan akan terjadinya banjir, informasi posko terdekat, ilmu pengetahuan tentang banjir, cara menangani, hingga ciri-ciri banjir yang ada di daerah terkait.

Rafael sangat mengapresiasi dari karya kelima alumni mahasiswa PENS tersebut. “Saya berharap bahwa sebagian besar mahasiswa akan bergabung dengan komunitas ini. Karena saat anda lulus dari kampus, kemudian melakukan interview pekerjaan, pertanyaan yang akan dilontarkan pertama kali yaitu pengalaman yang anda miliki. Jadi saya harap, mahasiswa disini dapat membangun pengalaman dengan menyempatkan waktu untuk memikirkan solusi dari masalah yang ada,” ungkap Rafael Guetta. (umi/dya)

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian