Surabaya, pens.ac.id – Untuk mengetahui berkembangnya humas di Politeknik, Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti melakukan study banding ke Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Berlangsung di ruang rapat Gedung Pascasarjana(29/3), acara dihadiri oleh Kepala Kesekretariatan, Kasubag, beserta para staff Humas. Sedangkan dari Kemeristekdikti dihadiri oleh Bapak Bambang Teguh Rahardjo selaku Pengelola data Sarana dan Prasarana Kantor Inspektorat Jenderal bersama 3 orang staff.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan perkenalan lalu dilanjutkan dengan diskusi bersama. Diskusi diawali oleh pihak Itjen yang bertanya tentang sejarah berdirinya Humas di PENS. Lalu dilanjutkan oleh pemaparan pihak PENS mengenai tugas, fungsi, anggaran, hubungan dengan media, serta target Humas kedepannya.

“ Target utama humas adalah melakukan branding mengenai reputasi untuk pencitraan institusi. Hal ini bertujuan supaya PENS lebih dikenal oleh masyarakat. Kemudian adalah meningkatkan citra para lulusan atau alumni, serta meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak industri.”, ujar Ir. Elly Purwantini, M.Kom, Kepala Pusat Kesekretariatan.

Dalam diskusi, pihak Itjen juga memberikan beberapa solusi terhadap kendala-kendala yang dialami oleh Humas PENS. Seperti dalam hal pengajuan anggaran untuk meningkatkan hubungan PENS dan para stakeholder. Selain itu pihak Itjen juga bertanya mengenai struktur kehumasan yang ada di PENS.

Tugas dan fungsi humas, tidak terlepas dari bidang penyebaran informasi mengenai kegiatan institusi untuk disampaikan kepada publik sebagai targetnya. Di pihak lain, dengan teknik dan strategi humas tertentu, humas bisa membuat opini publik sehubungan dengan tujuan utama dalam menciptakan citra dan reputasi positif.

(Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian