Surabaya, pens.ac.id – Di era globalisasi banyak sekali arus listrik yang terbuang sia-sia karena manusia lalai tidak  mematikan listrik saat tidak digunakan. Terkenal dengan kampus yang selalu menciptakan inovasi, Aidin Amsyar mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Program Studi D4 Elektro Industri, membuat suatu alat yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan listrik  dan mematikannya ketika sudah tidak dipakai.

Latar belakang dibentuknya alat ini karena ingin penghematan daya. Alat ini berbentuk persegi panjang dilengkapi dengan LCD dan beberapa komponen kelistrikan supaya bekerja optimal. Dengan berbasis Neural Network dan Fourier Transform, alat ini otomatis akan berfungsi dan mendeteksi ketika ada beban yang dinyalakan.

Terbentuknya alat ini tidak lepas dari bimbingan Eka Prastya MT dan Dimas Okky MT, selaku dosen pembimbing. Harapannya dengan alat ini, penghematan listrik bisa dilakukan. Semua barang yang terhubung listrik bisa terkontrol sehingga energi listrik tidak terbuang dengan sia-sia.

(Hum)