Surabaya, pens.ac.id- Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kembali meluluskan mahasiswa program Magister Terapan (S2), Sarjana Terapan (D4), dan Ahli Madya (D3) dalam wisuda periode ke 12 pada Sabtu (2/3). Bertempat di Ruang Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, pada acara ini PENS berhasil kukuhkan sebanyak 175 wisudawan. Yang mana diantaranya berjumlah empat mahasiswa S2 , 146 mahasiswa D4, dan 25 mahasiswa D3.

Tepat pada pukul 08.00 WIB, ruangan yang telah disediakan tampak dipenuhi mahasiswa beserta orangtua atau wali. Serangkaian kegiatan wisuda, resmi dibuka oleh Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief, S.T., MT.  yang diawali dengan upacara yang dipimpin oleh senat PENS serta diiringi lagu Indonesia Raya. Kemudian seluruh wisudawan dan wisudawati ikut menyanyikan lagu Hymne Guru. Hal yang ditunggu-tunggu dalam momen sakral tersebut yakni pengukuhan wisudawan. Penyerahan ijazah kepada 175 wisudawan pun diberikan secara bergantian. Tidak hanya itu, turut dilaksanakan penyerahan ijazah pada wisudawan terbaik.

Suasana haru dalam wisuda ini ditampakkan pada saat berlangsungnya prosesi pengucapan janji wisudawan. Lagu Bagimu Negeri turut dilantunkan dengan apik. Setelah itu terdapat pula sambutan oleh Direktur PENS. “Selama di PENS, para mahasiswa telah dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan serta attitude yang baik. Sekarang bagaimana mereka menerapkan semua potensi itu di dunia kerja ataupun usaha. Dengan membawa sikap Jujur, Orisinil, Sopan, dan Santun  (JOSS) semoga mereka bisa berkontribusi diluar,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari serta UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) PENS turut menyemarakkan pelaksanaan wisuda ke-12 ini. Tiba dipenghujung acara, masing-masing program berkesepatan berfoto bersama. Dimulai dari mahasiswa S2, D4, dan D3. Usai penutupan, mahasiswa tampak lega atas keberhasilannya menjalankan studi di PENS. “Harapan untuk lulusan tahun ini semoga temen-temen bisa cepat dapat kerja, terus bisa berkarya dan berinovasi,” ungkap M. Firdo  Samudra selaku salah satu wisudawan. (umi/tts)