Surabaya, pens.ac.id – Sebagai salah satu politeknik terbaik di Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kerap menerima kunjungan, salah satunya dari sekolah menengah. Senin (11/2), PENS menyambut para siswa beserta guru pendamping dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Ulum Bondowoso. Pada kesempatan ini, para siswa tidak hanya berkesempatan untuk lebih mengenali Kampus PENS, melainkan juga mendapatkan wawasan robotika.

Rombongan membawa serta sebanyak 40 siswa yang berasal dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Mereka lalu mengikuti sesi pengenalan Kampus PENS yang disampaikan oleh Humas PENS di Ruang PS 01.10. Pada sesi ini, dijelaskan mengenai berbagai hal seputar Kampus PENS, seperti aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PENS, hingga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru PENS.

Setelahnya, para siswa berkesempatan untuk mengunjungi salah satu laboratorium Teknik Mekatronika, yakni Laboratorium Robotics Vehicle. Kali ini, dijelaskan dasar-dasar robotika dan kompetensi apa saja yang dibutuhkan dalam membuat robot. Para siswa terlihat sangat antusias dengan penjelasan yang dipaparkan oleh pengurus dan anggota laboratorium.

Adanya demo robot humanoid semakin menarik perhatian para siswa. Tidak hanya pengetahuan akademik, mahasiswa Teknik Mekatronika juga membagikan pengalaman mereka selama menempuh studi di Kampus PENS. Mereka juga memberikan pesan-pesan untuk para siswa yang berniat untuk melanjutkan studi di politeknik, khususnya PENS.

Dengan adanya kunjungan studi ini, para siswa diharapkan dapat lebih mengenali Kampus PENS. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mempersiapkan kompetensi yang kiranya akan berguna saat memasuki jenjang perguruan tinggi nantinya. “Kami sangat terkesan mengunjungi PENS, semoga kami bisa mencontoh kakak-kakak mahasiswa disini yang berprestasi,” ujar salah satu siswa, Rizkianto. (res/dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian