Bojonegoro, pens.ac.id – Menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat merupakan suatu keharusan bagi tiap mahasiswa. Kali ini, mahasiswa Bidikimisi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang tergabung dalam EEPIS Bidikmisi Organization (EBIO) beserta Volunteer usai menyelenggarakan kegiatan Peduli Desa (PEDDES) Jilid V di Dusun Sumengko, Desa Tondomulo, Kecamatan Kedung Adem, Kabupaten Bojonegoro. Berlangsung selama tujuh hari (4-10/2), beragam kegiatan turut dilakukan untuk membantu dan mengangkat edukasi maupun perekonomian yang ada di desa tersebut.

Setiap harinya, mahasiswa Bidikmisi beserta volunteer turun langsung membantu keseharian warga desa tondomulo. Mulai dari mengajar di taman kanak-kanak dan tingkat sekolah dasar, mereka juga menanamkan ilmu agama melalui program cinta al-qur’an di sore harinya. Saat larut petang, terdapat pula agenda belajar bareng bersama anak-anak warga Desa Tondomulo. “Alhamdulillah karena lingkungan masyarakat disini dan anak-anak perlu adanya motivasi. Sehingga hadirnya mahasiswa PENS di desa kami memberikan inspirasi dan motivasi untuk mereka,” ungkap Sugiyanto selaku Kepala Sekolah SDN Tondomulo.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa Bidikmisi juga turut memberikan sebuah komputer kepada SDN Tondomulo 4 serta Taman Literasi di Masjid Dusun Sumengko. Warga Desa Tondomulo sangat antusias menyambut kedatangan mahasiswa Bidikmisi PENS. Terlebih, dengan adanya program sanitasi yakni pembangunan Mandi Cuci Kakus atau MCK dan Pengairan di desa tersebut, kerukunan dalam gotong royong memajukan desanya pun juga semakin tampak.

Dengan adanya kegiatan Peduli Desa ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf edukasi maupun perekonomian masyarakat khususnya warga Desa Tondomulo. Selain itu, juga dapat meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa untuk membantu masyarakat sekitar. “Semoga apa yang kami berikan dan ajarkan kepada warga Desa Tondomulo bisa bermanfaat bagi mereka,” tutur Nurul Ilma Asyuriah, Ketua Pelaksana PEDDES Jilid V. (dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian