Surabaya, pens.ac.id – Menutup semester ganjil, mahasiswa tingkat akhir program Diploma 3 dan Sarjana Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengikuti Seminar Proyek Akhir (PA). Agenda tahunan PENS periode kali ini dilaksanakan pada Selasa hingga Jumat (22-25/1). Kegiatan bertujuan menguji kemampuan mahasiswa dalam menciptakan sebuah produk yang layak sesuai dengan keilmuannya.

Terdapat dua seminar yang dilaksanakan dalam pekan ini, yakni Seminar Proposal PA (SPPA) untuk Program Diploma 3, dan Seminar PA Tahap 1 untuk Program Sarjana Terapan. Seminar tersebut dilaksanakan di ruang laboratorium masing-masing program studi (prodi). Setiap mahasiswa mempresentasikan proposal atau progres PA, kepada dosen penguji secara bergantian.

Seminar disambut dengan ragam ekspresi dari peserta. Mulai dari senang, deg-degan, hingga bingung mewarnai kegiatan ini. Tidak hanya itu, peserta juga mendapat beragam saran mengenai PA yang akan atau sedang dikerjakan. “Dosen penguji memberikan revisi dan saran, baik dari segi buku maupun produk, yang tentunya bermanfaat bagi kita”, ungkap Ainun Abdullah, salah satu mahasiswa tingkat akhir.

Selain pengujian produk PA, kegiatan tersebut juga menjadi ajang bagi mahasiswa dalam melatih soft skill-nya. Salah satunya kemampuan dalam berkomunikasi yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi seminar. Terlebih lagi, di beberap prodi peserta dituntut mampu menjelaskan produk PA menggunakan Bahasa Inggris.

Evaluasi dan saran dalam seminar ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil PA. Selain itu, kegiatan dapat memupuk terciptanya output yang berguna bagi masyarakat. “Ini juga sebagai salah satu titik pembuktian bahwa PENS mampu menciptakan produk-produk yang berguna bagi masyarakat,” jelas Muarifin, S.ST., M.T., Koordinator PA Jurusan Teknik Informatika. (mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian