Surabaya, pens.ac.id – Untuk mengapresiasi dan mengenalkan karya inovasi mahasiswa dalam bidang aplikasi perangkat lunak,  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tahun ini kembali menyelenggarakan Software Expo 2019. Bertempat di Hall Gedung D4, acara diikuti 35 tim yang berasal dari Program Studi Teknik Informatika dan Program studi Teknik Komputer. Setiap tim beranggotakan 4-6 mahasiswa.

Umi Sa’adah S.Kom, M.Kom., selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa  Software Expo 2019 merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Departemen Teknik Informatika dan Komputer. Kegiatan ini sudah ke-9 kalinya diselenggarakan, dengan menghadirkan beberapa juri internal dan eksternal.

“Juri eksternal berasal dari patner industri dan praktisi, yang juga menjadi reviewer dan mentor. Karena selain menilai, kami harapkan mereka juga bisa memberi masukan supaya karya yang dihasilkan bisa digunakan dalam dunia industri. Pihak industri yang terlibat diantaranya  dari TrustMedis, Dot Indonesia, Maulidan Game, Inovasi, Mamorasoft, Kumparan, Profilku Mobile, FB Dev Circle Surabaya, dan Wirausaha Muda Mandiri. “,  ujar Ketua Pelaksana.

Beragam karya inovasi siap untuk ditampilkan. Jenis karya yang ditampilkan cukup unik-unik, contohnya adalah SEi-Rama, sebuah alat pengendali pintu berbasis IoT yang menggunakan Google Asistant dan esp8266 untuk meningkatkan efisiensi waktu. Ada juga karya inovasi bernama Flow, alat sensor pendeteksi kondisi dan pengeluaran pelanggan PDAM.

Setiap tim wajib menunjuk seorang perwakilan untuk mempresentasikan hasil karya mereka meliputi deskripsi, cara kerja, dan manfaat. Pada kegiatan kali ini, pemenang terbagi menjadi beberapa kategori, yakni Best UI/UX, Best Framework & Technology, Best Market Packaging, Best Teamwork & Documentation, Best Application, dan Most Favorite Application.  

Dalam menciptakan dan mengembangkan  produk inovasi, setiap tim dibekali dengan berbagai wawasan dan ketrampilan tentang  Software Development selama 1 tahun. Adapun materi yang diberikan antara lain, Design Patterns, Code Smells & Refactoring, Scrum, dsb.

“ Saya berharap Software Expo 2019 bisa membuat mahasiswa lebih bersemangat lagi menciptakan inovasi baru, bukan hanya dari sisi mahasiswa saja, melainkan juga dari sisi industri.  Kegiatan ini  bertujuan untuk mengapresiasi karya mahasiswa yang sudah bekerja keras  selama satu semester untuk menghasilkan aplikasi terbaik.  Semoga kedepannya dapat berjalan  lebih baik. “ kata Ibu Umi.

(Hum)