Surabaya, pens.ac.id – Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi vokasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) senantiasa membekali mahasiswanya dengan beragam praktik langsung atas teori yang disampaikan. Usai melaksanakan program Kerja Praktik (KP) pada bulan Juli lalu, mahasiswa Program Diploma III (D3) tengah melaksanakan Seminar Kerja Praktik yang akan dilaksanakan selama dua hari (7-8/1). Bertempat di kampus PENS, kegiatan ini merupakan seminar pertanggung jawaban mengenai kegiatan dan pengalaman KP yang mereka jalani.

Merupakan satu dari tiga seminar yang akan dijalani mahasiswa program D3, kesempatan ini merupakan awal bagi mahasiswa tingkat akhir dalam melakukan suatu seminar. Mereka pun diharuskan membuat sebuah buku yang berisi laporan kegiatan serta sebuah file presentasi. Sesuai waktu presentasi yang telah ditentukan oleh masing-masing program studi, mahasiswa secara bergantian menyampaikan apa saja yang telah mereka kerjakan selama KP.

Berbagai euforia dirasakan oleh mahasiswa menjelang pelaksanaan seminar, mengingat ini merupakan seminar perdana yang mereka jalani. “Sebenarnya rasa ribet bukan di persiapan ya, tapi lebih ke rasa nervous diri sendiri saja,” ungkap salah satu mahasiswa, Armita Dewi Cahyanti. Ia juga menambahkan bahwa selain sebagai sarana sharing pengalaman, seminar KP ini sekaligus menjadi awal bagi mahaiswa untuk mengenali medan sebagai persiapan seminar kedepannya.

Tidak hanya itu, beragam pengalaman pun dirasakan oleh mahasiswa selama proses KP hingga seminar ini dilangsungkan. “Kami banyak belajar dari KP ini, mulai dari awal mencari perusahaan, lalu membuat proposal ke perusahaan tersebut, melaksanakan kerja praktik, hingga sekarang harus membuat buku dan melaksanakan seminar ini,” ungkap Agita Firdaus Royani. Selain itu, ia berpesan bahwa selain berbagai persiapan dan usaha, jangan sampai melupakan berdoa agar diberi kelancaran. (tts/dya)