Surabaya, pens.ac.id – Untuk menciptakan kebersihan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  menggelar Jum’at bersih di lingkungan kampus (28/12). Jum’at bersih adalah sebuah program PENS yaitu Program reformasi dan birokrasi yang sudah dicanangkan sejak tahun 2016. Selain itu, juga implementasi dari program 5R (Ringkas, Resik, Rapi, Rawat, dan Rajin).

Ronny Susetyoko M.Si Wakil Direktur Bidang administrasi Umum dan Keuangan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebulan sekali, di minggu terakhir. “Jum’at bersih adalah sebuah budaya yang harus kita bangun, karena etos kerja tidak hanya dinilai dari kompetensi tapi juga dari loyalitas, kedisiplinan, dan kerjasama untuk membangun performa yang kita inginkan.”, ujarnya.

Meskipun sudah mempunyai cleaning service untuk membersihkan lingkungan kampus, kegiatan ini wajib untuk seluruh dosen dan karyawan. Karena, tujuannya bukan hanya membersihkan, tapi juga mengamankan dan merapikan peralatan dan dokumen yang ada di laboratorium dan ruang kerja. Dengan lingkungan yang bersih dan rapi, akan tercipta suasana kerja yang menyenangkan.

Jum’at bersih juga menjadi sebuah penilaian kinerja untuk Tenaga Pendidik (Tendik) dalam pemberian tunjangan. “Jadi, untuk loyalitas bukan hanya datang pagi sampai sore hari, tapi juga kehadiran dan kontribusi mereka dalam kegiatan acara di kampus. Bagi mereka yang tidak mengikuti kegiatan akan dikenakan sanksi yaitu pemotongan tunjangan.”, ujar Bapak Ronny. (Hum)