Surabaya, pens.ac.id – Sebagai bentuk tolak ukur seberapa besar pemahaman mahasiswa setelah menjalani perkuliahan selama satu semester, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai melaksanakan kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Digelar selama satu pekan terhitung mulai dari Senin (17/12), pelaksanaan UAS kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena diadakan sebelum momentum tahun baru. Bertempat di Kampus PENS, momen ini menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa baru PENS 2018.

Kegiatan yang diadakan tiap akhir semester tersebut, dibagi menjadi dua sesi dalam pelaksanaannya. Dimana sesi pertama yang dimulai pukul 08.00–12.00 WIB diperuntukan Program Studi (Prodi) Diploma III ditambah dengan Prodi Teknologi Game dan Teknik Komputer. Sesi kedua diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi Diploma IV pada pukul 13.00–17.15 WIB.

Jadwal ujian yang telah dibagi sejak jauh hari sebelum dilaksanakannya UAS, membuat para mahasiswa dapat melakukan berbagai persiapan seperti belajar bersama. “Soal yang diberikan di luar ekspektasi sih, dalam artian sebagai mahasiswa baru masih berusaha untuk menyesuaikan dengan sistem yang baru pula,” tutur Muhammad Gibran, salah satu mahasiswa baru PENS 2018.

Dengan digelarnya evaluasi hasil belajar ini, diharapkan mahasiswa dapat terus mempertahankan nilai kejujuran yang telah tertanam selama ujian berlangsung serta dapat memacu untuk terus berkompetisi dalam bidang akademik. “Dalam UAS kali ini, terdapat beberapa peningkatan seperti dari segi kejujuran dimana tidak ditemukan tindak kecurangan mahasiswa dibandingkan UAS sebelum-sebelumnya. Dari segi jumlah kehadiran mahasiswa pun meningkat prosentasenya,” ungkap Eko Budi Utomo, S.ST, MT, selaku panitia pelaksana UAS. (biy/res)