Surabaya, pens.ac.id – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sabtu (15/12), enam mahasiswa PENS yang tergabung dalam Tim Karyakita berhasil membawa pulang medali emas di ajang Information Technology Generation (INTEGER) 2018. Diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer (STIKOM) Surabaya, tim Karyakita menunjukkan kebolehan mereka dalam membuat suatu aplikasi e-commerce bernama Karyakita.

Bukan pengalaman pertama bagi tim yang digawangi oleh M. Beny Pangestu ini, dalam mengikuti berbagai kompetisi. Sebelumnya, aplikasi Karyakita juga pernah tercatat sebagai peserta pada Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Negeri (KMIPN) 2018. Meski belum meraih juara pada kompetisi sebelumnya, tim yang beranggotakan Fatin Furoida pada divisi Web Developer, Efriza Luluk Safira dan Virdiawan Ihza pada divisi UI/UX Desainer, serta Reza Aprilia dan M. Alif Akbar pada divisi Android Developer ini, terus berusaha memberikan yang terbaik pada setiap tahap seleksi yang ada.

Beberapa tahapan mereka lalui untuk bisa sampai ke tahap final. Mulai dari babak seleksi abstrak dengan total 27 tim dari seluruh Jawa Timur, Tim Karyakita berhasil menjadi lima tim terbaik yang maju ke babak pengumpulan project dan presentasi. “Awalnya kami tidak tahu jika dalam kompetisi ini harus membuat aplikasi sekaligus website, sedang kami hanya membuat aplikasi. Seminggu sebelum penilaian kami baru membuat websitenya,” ungkap ketua tim, M. Beny Pangestu. Meski terkendala waktu, tim Karyakita tetap berusaha maksimal agar aplikasi mereka bisa melanjutkan kompetisi.

Tidak sia-sia tim Karyakita asal PENS berhasil menyabet juara pertama kategori E-Commerce Tingkat Mahasiswa. Tidak hanya berhenti pada kompetisi ini, M. Beny Pangestu menuturkan bahwa timnya berencana mendaftarkan aplikasi mereka ke Play Store, agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Kami rencananya akan mendaftarkan aplikasi ini di Play Store, agar bisa dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat,” imbuhnya. (tts/mus)