PENS berhasil meraih tiga prestasi membanggakan dalam Bidang Kemahasiswaan, yaitu Terbaik I Perguruan Tinggi Vokasi Kategori Prestasi Belmawa, Terbaik I Perguruan Tinggi Vokasi Kategori Prestasi Mandiri, dan Terbaik II Perguruan Tinggi Vokasi Kategori Non-Lomba. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Ir. Anang Budikarso, M. T. pada acara Malam Anugerah Kemahasiswaan II Tahun 2018, Jumat (14/12) Jakarta.  Mengusung tema “Kegiatan Kemahasiswaan di Era Revolusi Industri 4.0”, acara tersebut merupakan bentuk apresiasi untuk segala kegiatan Bidang Kemahasiswaan di lingkungan Kemenristekdikti.

Penilaian dalam pemeringkatan bidang kemahasiswaan didasarkan pada jumlah prestasi yang diraih oleh mahasiswa. Perguruan tinggi diharuskan untuk mengunggah bukti prestasi, seperti sertifikat, foto, serta website. Penilaian dilakukan dengan sangat ketat oleh Kemenristekdikti, melalui  Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan cara melakukan verifikasi secara online. Verifikator dipilih dari berbagai perguruan tinggi untuk melakukan pengecekan kebenaran prestasi yang telah diunggah oleh setiap perguruan tinggi.

Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, mengungkapkan bahwa sebagai intitusi pendidikan vokasi terbaik di Indonesia, PENS perlu mempertahankan predikat ini. “Kita harus terus meningkatkan kualitas pembinaan prestasi mahasiswa, serta pengelolaan institusi kemahasiswaan agar tidak tertinggal oleh perguruan tinggi vokasi lainnya. Selamat untuk para civitas akademika PENS, khususnya para mahasiswa dan dosen pembina kompetisi.”

Sejak tahun 2016, Kemenristekdikti mengeluarkan daftar peringkat perguruan tinggi se-Indonesia. Setiap tahun Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil mendapatkan prestasi yang membanggakan, yaitu Pengolaan Manajemen Terbaik pada tahun 2016, serta Politeknik Terbaik pada tahun 2017.

(hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian