Surabaya, pens.ac.id – Dinas Kesehatan Kota Surabaya memberikan suntikan imunisasi untuk mencegah difteri ke mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Senin( 3/12). Kegiatan berlangsung di Gedung D4 lantai 2 PENS, diikuti mahasiswa berusia dibawah 19 tahun. Proses imunisasi dibantu oleh 6 tenaga medis dari Rumah Sakit Swasta dan 4 tenaga medis Puskesmas Tambakwedi Surabaya.

Ibu Silvilia, Staff Seksi Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan, imunisasi yang diberikan secara gratis ini merupakan ori difteri putaran ke-3. Tujuannya untuk mencegah dan menekan kasus baru penyakit difteri. Selain itu,  juga sebagai upaya menjaga kesehatan untuk merespon Kejadian Luar Biasa (KLB) 2017 penyakit difteri di Jawa Timur.

“ Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium, yang bisa menular melalui udara yang  masuk ke saluran pernafasan. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. Hal ini  bisa dicegah dengan pemberian vaksin dalam tubuh. ”, ujar Ibu Silvilia

Pemberian vaksin melalui mahasiswa  diharapkan bisa memberikan informasi kepada masyarakat betapa pentingnya imunisasi Ori Difteri. Mahasiswa khususnya dari luar Surabaya diharapkan bisa mendapatkan proteksi atau perlindungan. Karena ditakutkan di kota asal mereka tidak mendapatkan imunisasi difteri.

(Hum)