Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka menyelenggarakan serangkaian Aksi Peduli Lingkungan (APEL), Kementerian Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bersama Mahasiswa Pecinta Alam (MAHETALA) telah usai laksanakan APEL X MAHETALA pada Sabtu (1/12). Bertempat di Mangrove Wonorejo Surabaya, kegiatan ini dimulai pada pukul 10.30 WIB. Pada kesempatan tersebut turut hadir mahasiswa PENS dari berbagai jurusan.

Merupakan momen puncak dari kegiatan APEL, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan serta sebagai aksi nyata terhadap peran mahasiswa. Tahun ini, BEM PENS bekerja sama dengan Ekowisata Mangrove, melakukan kegiatan penghijauan. Sebagai pembuka, para peserta dipaparkan mengenai pentingnya peduli lingkungan, manfaat penanaman mangrove, hingga proses penanaman oleh pihak manajemen Ekowisata Mangrove.

MAHETALA yang merupakan kumpulan mahasiswa pecinta alam di PENS, juga turut andil pada kegiatan ini. Agenda pertama yang dilakukan yakni penanaman 50 bibit mangrove yang didampingi oleh kelompok Tani. Tidak berhenti disitu, para peserta juga melakukan urban farming pada kesempatan ini. “Usai penanaman bibit mangrove, kami menanam bibit sayuran di botol bekas yang telah kami siapkan. Pada agenda ini mahasiswa bisa berkreasi sesuai keinginan mereka, mulai dari mengeca sampai menggantung tanaman,” tutur Satriya selaku ketua pelaksana.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari para mahasiswa maupun pihak Ekowisata Mangrove. Diakhiri dengan berfoto bersama, APEL X MAHETALA ini turut menjadi penutupan dari adanya serangkaian APEL 2018. “Diharapkan melalui serangkaian APEL yang telah dilaksanakan, dapat menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa PENS terhadap lingkungan sekitar. Tidak hanya di dalam kampus tetapi juga diluar kampus,” imbuhnya. (umi/res)