Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar kegiatan Latihan Ketrampilan Managemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM TD) yang dikhususkan bagi mahasiswa angkatan 2018. Kegiatan yang difasilitasi oleh setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di PENS ini, berlangsung pada Sabtu dan Minggu selama empat gelombang (2/11–2/12). Bertempat di Kampus PENS, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal sikap, ketrampilan, serta pengetahuan kepada mahasiswa agar mampu untuk memanajemen suatu kegiatan.

Kegiatan LKMM TD tahun ini dimulai pukul 07.00 WIB, diawali dengan pelaksanaan Technical Meeting (TM) dihari sebelumnya. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari mahasiswa yang telah dinyatakan lulus di LKMM Pra-TD sebelumnya. Agenda LKMM TD ini terbagi menjadi empat gelombang, yang mana terdapat dua HMJ di tiap gelombangnya. Materi yang ditekankan yakni mengenai bagaimana menyusun sebuah acara secara sistematis dan terkoordinir.

Berbeda dengan LKMM Pra-TD, tema yang diambil kali ini berbeda-beda untuk tiap HMJ, seperti Antariksa pada Himpunan Mahasiswa Teknik Mekatronika, dan Galaksi pada Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi. “Untuk LKMM TD kali ini sangat seru, peserta sangat kreatif dan semangat dalam simulasi merencanakan sebuah kegiatan, walau ada beberapa peserta yang masih kurang aktif, tetapi kita sangat mengapresiasi mereka karena sudah mengikuti pelatihan disela-sela waktu libur mereka,” tutur Areta Yuni Alyani selaku salah seorang pemandu.

Salah satu materi pada LKMM TD ini adalah simulasi mengenai teknik persidangan, dimana mahasiswa mempraktikkan langsung bagaimana melakukan sidang dengan benar. Dengan diselenggarakannya LKMM TD ini, diharapkan dapat mengembangkan jiwa kreativitas mahasiswa dalam berorganisasi sehingga dapat membentuk pemimpin yang berkarakter. “Menyenangkan kegiatannya, bagus untuk melatih kepemimpinan mahasiswa sehingga tau bagaimana untuk merencanakan suatu kegiatan agar berjalan baik dan benar, berkesan lah pokoknya,” ujar salah satu peserta, Muhammad Idhandi Kurnia. (biy/tts)

wpChatIcon
EnglishIndonesian