Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka mewujudkan poin ke-tiga pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMIT) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Bertajuk HIMIT ACTION, kegiatan diselenggarakan selama tiga hari (23-25/11). Merupakan agenda tahunan, HIMIT ACTION kali ini bertempat di Desa Rembang, Ngadiluwih, Kediri.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan warga serta pelajar di lokasi mengenai teknologi. Sebanyak 30 mahasiswa aktif Teknik Informatika PENS turut berpartisipasi membagikan ilmunya kepada 30 siswa Sekolah Dasar (SD). “Baru kali ini HIMIT ACTION digelar di luar kota dan menginap disana,” ujar Fatema Alkatiri selaku ketua pelaksana.

Serangkaian kegiatan HIMIT ACTION disambut dengan sangat baik oleh warga setempat.Selain kepada siswa, Teknologi Virtual Reality (VR) juga diperkenalkan kepada masyarakat Ngadiluwih. Para mahasiswa juga melakukan bersih desa, dan juga nonton bareng film inspirasi pada kesempatan ini.

Melakukan pengabdian sesuai dengan bidang yang ditekuni, tentunya merupakan hal yang berkesan bagi para mahasiswa ini. “Ini merupakan pengalaman yang berkesan sekali, kita bisa langsung terjun ke masyarakat dan mengabdi sesuai profesi dan bidang kita,” imbuh Fatema. Ilmu yang telah diberikan selama tiga hari berlangsungnya HIMIT ACTION diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat Ngadiluwih mengenai teknologi.

Di Era Revolusi Industri 4.0, pengedukasian teknologi kepada masyarakat, khususnya generasi penerus, tentunya sangat dibutuhkan demi terwujudnya generasi yang siap bersaing. Kegiatan seperti ini merupakan aksi nyata pengabdian mahasiswa dalam memberikan impact kepada lingkungan sekitar. “Harapannya kegiatan ini dapat menginspirasi semua elemen yang ada di PENS dan agar semakin banyak yang menginisiasi gerakan-gerakan yang langsung terjun ke masyarakat,” ungkap M. Ilham Maulana selaku Ketua HIMIT. (res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian