Surabaya, pens.ac.id – Okayama University merupakan salah satu universitas negeri di Jepang. Dalam rangka mensosialisasikan program doktoral di Okayama University, Jumat (23/11), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Kuliah Tamu. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa serta dosen PENS.

Bertajuk “Guest Lecture : Research Topic Ideas for Pursuing Doctoral Degree in Okayama University, Japan”, kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB dan dimoderatori oleh Dias Agata, S.S., M.Pd. Dua orang narasumber, yakni Prof. Nobuo Funabiki dan Prof. Akio Gofuku dihadirkan pada kesempatan ini. “Jadi beberapa bulan yang lalu kami memang kedua profesor dari Okayama University ini ingin memberi sosialisasi tentang program-program di universitasnya,” ujar penanggung jawab kegiatan, Amang Sudarsono, S.T., Ph.D.

Diawali dengan pengenalan para profesor, materi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Okayama University, dan program-program yang ditawarkan. Prof. Nobuo merupakan akademisi dari Department of Electrical and Communication Engineering, dan Prof. Akio dari Department of Mechanical and Systems Engineering. Tidak hanya memberi gambaran mengenai kegiatan di department tersebut, juga diberikan riset-riset, serta informasi beasiswa doktoral di Okayama University.

Kedua narasumber ini memberikan penjelasan mengenai riset di Okayama University pada bidang keteknikan, khususnya pada department mereka. “Saya tersanjung bisa diberi kesempatan untuk memperkenalkan program master dan doktoral di Okayama University. Juga tentang topik riset di bidang mechanical and systems engineering,” tukas Prof. Akio. Ia juga menambahkan, bahwa human machine interface, teknik informatika, dan bidang robotika merupakan beberapa riset yang sedang digalakkan di Okayama University.

Pemberian wawasan mengenai riset dirasa sangat bermanfaat bagi para mahasiswa maupun dosen, terlebih di bidang keteknikan. Tidak hanya itu, penjelasan detail mengenai program doktoral juga tentunya menjadikan kuliah ini sebagai wadah yang tepat bagi mereka yang akan melanjutkan studi. “Bagus banget kita dapat pengenalan dari universitasnya, kegiatan mereka, dan riset-riset juga. Bisa buat referensi juga buat kami yang lagi mengerjakan tugas akhir,” tutur salah satu peserta, Risma Dewi. (res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian