Surabaya, pens.ac.id – Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai pusat kegiatan mahasiswa muslim, kerap mengadakan berbagai kegiatan kerohanian. Tidak hanya menunjang kegiatan ibadah, Departemen An-Nisa’ UKKI telah usai menggelar Pekan Ukhuwah bertajuk “Ngaji Bareng, Panahan Bareng” pada Sabtu (24/11). Bertempat di Lapangan Futsal PENS, kegiatan ini merupakan sarana dakwah sekaligus mempererat ukhuwah bagi mahasiswi muslimah di PENS.

Dihelat sejak pukul 15.00 WIB, kegiatan dibuka dengan kajian singkat dari Huwaynah Hafizhotunniswah, alumni UKKI PENS. Dalam kajiannya, ia menyampaikan bahwa memanah adalah salah satu dari tiga olahraga sunnah selain berkuda dan berenang. Disamping sebagai media dakwah dan olahraga, kegiatan ini bertujuan mengisi waktu akhir pekan mahasiswi sekaligus sarana berkumpul untuk mempererat hubungan antar sesama mahasiswi muslimah.

Usai penyampaian kajian pembuka, para peserta dipersilahkan mencoba langsung bagaimana cara memanah. Didampingi oleh beberapa anggota komunitas EEPIS Traditional Archery (EPATRA), masing-masing peserta diajarkan mulai dari cara memegang busur panah, teknik memanah, hingga posisi tubuh yang benar saat sedang memanah. “Memanah ini kan sesuatu yang baru di PENS, jadi kami membuka kesempatan khusus bagi mahasiswi muslimah untuk mengetahuinya lebih dalam,” ungkap ketua pelaksana, Linda Lailatus Sa’idah.

Meski sempat terganggu karena cuaca, antusiasme dari semua peserta tidak berkurang hingga akhir acara. Kali pertama dilaksanakan, kegiatan ini mendapat respon baik dari seluruh peserta. “Kegiatannya menarik, apalagi ini jenis olahraga yang baru di PENS,” ungkap salah satu peserta, Dwi Novianti. Ia pun menambahkan bahwa kegiatan ini sekaligus bisa membuka wawasan  keislaman mahasiswa yang ingin mencari alternatif olahraga baru yang menarik. (tts/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian