Malang, pens.ac.id – Satu lagi prestasi ditorehkan oleh tiga mahasiswa jurusan Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Senin (19/11), Tim Smile yang beranggotakan M. Fajar Mukti, Dwi Rizky K., dan M. Hasan Muktasyim B. berhasil membawa pulang Juara 1 pada ajang Hology 2018. Bertempat di Universitas Brawijaya (UB) Malang, kompetisi ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) UB.

Hology, atau House of Technology 2018 memiliki tujuh cabang perlombaan. Tim Smile, yang membuat suatu game yaitu CreepX.co, bersaing pada cabang GameDev yang mengangkat tema Innovation Technology for Creative Industry. Merupakan kompetisi berskala nasional, Tim Smile bersaing dengan delapan tim lain pada tahap final.

Tahapan lomba diawali dengan seleksi proposal, pembuatan video, hingga pengumpulan game. Dengan persiapan kurang lebih tiga bulan, pengembangan CreepX.co bukan tanpa kendala. “Jadwal kuliah dan tugas-tugas tentunya menjadi kendala utama. Tapi selain itu, kami juga sempat kesulitan dalam testing game-nya,” tukas Fajar selaku ketua tim.

Pada tahap final, Tim Smile melakukan presentasi dan demo game. Selain itu, tim ini juga turut berpartisipasi dengan membuka stand pada pameran karya yang merupakan serangkaian acara dari Hology 2018. “Expo-nya sangat berkesan untuk saya, karena dibuka untuk umum dan stand kami bener-bener rame,” ungkap Hasan.

CreepX.co mengusung tagline “Easy to Play, Hard to Master”. Game ini mengadaptasi game arcade tahun 90-an yang dimodifikasi untuk game personal computer (PC), yang merupakan media permainan paling banyak digunakan saat ini. “Jadi game kami ini bisa dibilang yang paling simple diantara finalis lainnya. Tapi paling bikin ketagihan, terbukti dengan antriannya di pameran,” imbuh Hasan. Kedepannya, game ini akan terus dikembangkan dan diharapkan nantinya dapat memotivasi mahasiswa PENS untuk menggali potensi di bidang industri kreatif, terutama pada bidang game development. (res/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian