Bandung, pens.ac.id – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Electric Vehicle Community (EVC)  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang berhasil raih Rancangan dan Konstruksi Terbaik pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) X tahun 2018. Berlangsung di Politeknik Negeri Bandung (POLIBAN), kompetisi tersebut dihelat selama empat hari terhitung sejak Rabu (14-17/11). Tim yang beranggotakan 18 anggota ini telah melakukan persiapan dengan semaksimal mungkin.

Persiapan dimulai dari pemeriksaan kondisi mobil yang harus menyesuaikan cuaca, mengatur strategi di setiap kategori, dan masih banyak lagi. Ajang bergengsi ini mengusung tema Mobil listrik sebagai Kendaraan Efisien, Ekonomis, dan Aman serta Ramah Lingkungan. Dihari pertama terdapat technical meeting, kemudian di hari selanjutnya turut dilakukan sesi presentasi, validasi mobil dan kualifikasi race. EVC pun sukses melalui beberapa tahapan tersebut.

EVC kembali mengikuti beberapa tahap lanjutan pada kompetisi tersebut. Mulai dari validasi mobil listrik, lomba daya tanjak, lomba slalom, percepatan dan pengereman serta  dilakukannya running test. Meskipun sempat mengalami kendala pada mekanik mobil, EVC berhasil mengatasinya dengan baik dan meneruskan perlombaan. “Pada KMLI ini ada beberapa hal yang menjadi tantangan bagi tim kami seperti perlombaan yang lebih awal dibandingkan tahun sebelumnya, serta dari segi mobil yang lebih berat. Namun disamping itu sudah banyak kemajuan pada mobil listrik ini, terutama pada segi mekanik maupun elektrik,” ungkap Abdillah Aziz selaku Ketua Tim.

Pada hari terakhir dilaksanakan tahap validasi mobil serta Lomba Kecepatan & Efisiensi. Memasuki penghujung perlombaan tersebut, terdapat hiburan dan pengumuman pemenang pada KMLI X. Dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng, usaha yang dilakukan seluruh anggota tim tersebut berhasil menunjukkan aksi yang cukup memuaskan. “Diharapkan KMLI tahun depan EVC bisa raih juara umum dan mendapat dukungan lebih dari kampus sehingga dapat menjadi motivasi yang lebih untuk kami,” imbuhnya. (umi/dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian