Surabaya, Pens.ac.id Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus melakukan upaya dalam menunjang kegiatan akademis. Didasari hal tersebut, Program studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting menyelenggarakan kegiatan In House Training bertajuk “Pengembangan Website Berbasis WordPress sebagai Penunjang Kegiatan Akademis di PENS”. Diselenggarakan pada Selasa (13/11), kegiatan ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa.

Bertempat di Ruang Mini Teater Gedung Pascasarjana PENS, pelatihan dimulai pukul 09.00 WIB. Pada kegiatan kali ini, dihadirkan seorang Web Programmer di Aksamedia, yaitu Tri Hendry Andhika sebagai pemateri. Materi yang disampaikan meliputi Penggunaan Website Berbasis WordPress dan penerapan Search Engine Optimization (SEO). Menariknya, materi yang disampaikan juga didemokan langsung kepada peserta.

Pada sesi pertama, dijelaskan tutorial dasar penggunaan website berbasis wordpress. WordPress sendiri dipilih karena penggunaan yang relatif mudah dan merupakan Content Management System (CMS) yang popular untuk saat ini. Sesi kedua pelatihan menghadirkan tips penggunaan SEO. “Tujuan mengambil topik ini adalah untuk mempermudah dosen, karyawan, dan civitas akademika PENS dalam mempublikasikan karyanya melalui website,” ungkap Aliv Faizal Muhammad, S.Pd., M.Pd., sebagai penanggung jawab kegiatan.

Antusiasme peserta tampak terlihat selama kegiatan berlangsung. Disela-sela penyampaian materi, peserta cukup intensif melontarkan beberapa pertanyaan. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Hendry berharap peserta lebih berani mengeksplorasi website sebagai media publikasi karya. “Saya harap peserta bisa lebih banyak berkarya, karena website itu bisa menjadi media dokumentasi,” harap Andhika. (mus)