Surabaya, pens.ac.id – Tiap tahunnya, tanggal 10 Nopember diperingati sebagai Hari Pahlawan. Memasuki peringatan yang ke-73, Hari Pahlawan tahun ini mengusung tema “Semangat Garuda di Dadaku”. Turut peringati hari spesial ini, Senin (12/11), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar upacara bendera. Bertempat di Lapangan Merah D3 PENS, dalam upacara tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PENS Tahun Ajaran 2018/2019.

Dimulai pada pukul 07.00 WIB, Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. menjadi pembina upacara peringatan Hari Pahlawan yang ke-73 ini. “Kita ingin semua civitas akademika PENS ini bisa mewarisi nilai-nilai perjuangan para pahlawan, diantaranya berani melakukan perubahan, pantang menyerah, dan rela untuk berkorban. Tiga nilai ini yang mestinya kita wujudkan, implementasikan dalam kehidupan, baik dalam bekerja maupun dalam belajar,” tuturnya. Selain pengibaran bendera merah putih, juga terdapat pelantunan lagu Mengheningkan Cipta serta pembacaan kesan pesan para pahlawan.

Pada momentum tersebut, Pembina Upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. Ditekankan bahwa tema yang diusung tahun ini memiliki arti bahwa peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat akan makna. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Dr. Zainal juga menyampaikan, pengimplementasian nilai-nilai kepahlawanan tentunya akan membawa kemaslahatan baik bagi diri sendiri, maupun bagi masyarakat. “Slogan Jujur, Orisinil, Semangat, Santun (JOSS) dan patut diterapkan sekaligus memesankan ada 4 As yang harus kita jalankan, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas,” tukas Dr. Zainal. Diharapkan, mahasiswa PENS dapat tetap menghargai serta menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan. “Kita juga harus ikut berjuang sesuai zaman kita, zaman teknologi, industri kita harus berinovasi untuk berkontribusi untuk bangsa Indonesia,” imbuhnya. (res/dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian