Surabaya, pens.ac.id – Sebagai Perguruan Tinggi Vokasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) turut menunjukkan kepeduliannya dengan penerapan ilmu pengetahuan di kehidupan sehari-hari. Hal tersebut ditunjukkan dengan partisipasi PENS dalam kegiatan Gramedia Science Day (GSD) 2018 pada Minggu (4/11). Bertempat di Convention Hall Tunjungan Plaza 3 Surabaya, tampak ratusan mahasiswa PENS ikut ambil bagian dalam kegiatan kali ini.

Gramedia Science Day merupakan kegiatan yang mengembangkan kreativitas dan inovasi anak melalui permainan berbasis sains. Kegiatan tahunan yang digelar sejak tahun 2016 tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat anak pada dunia sains. Kali kedua digelar di Surabaya, GSD kali ini diselenggarakan oleh Gramedia dan Hello Panda.

GSD 2018 dibuka secara resmi dengan dilakukannya percobaan Elephant Toothpaste. Adnan Rachmat Anom Besari, S.ST., M.Sc. yang menjadi perwakilan Bagian Kemahasiswaan PENS, turut memberikan sambutan bersama jajaran Gramedia dan Hello Panda. Dalam momen tersebut, beliau mengungkapkan alasan PENS mendukung kegiatan ini. “GSD ini memiliki tujuan mengenalkan, mempraktikkan, dan menerapkan sains, dimana hal tersebut sejalan dengan pendidikan di PENS, yaitu pendidikan vokasi,” ungkapnya.

Sejumlah 272 tim yang berasal dari siswa-siswi Sekolah Dasar di Surabaya dan sekitarnya menjadi peserta kegiatan. Beragam kompetisi yang berhubungan dengan sains menjadi agenda utama GSD 2018. Setiap tim diwajibkan mengikuti kompetisi uji teori, eksperimen, hingga presentasi dengan didampingi oleh mahasiswa PENS yang bertindak sebagai Asisten Profesor.

Heri Darmawan selaku Marketing & Merchandising Director PT Gramedia Asri Media berharap, GSD 2018 dapat membuat anak-anak lebih mencintai sains. “Kegiatan ini digelar agar anak-anak lebih mencintai sains dan bisa lepas dari gadget. Selain itu agar tumbuh juga budaya baca, budaya eksplorasi dan kreativitas merupakan bekal untuk berkompetisi di masa depan,” jelasnya saat memberikan sambutan. (mus)