Surabaya, pens.ac.id- Berbagai kegiatan pengabdian masyarakat, sering kali diadakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai bentuk upaya menjalankan tri dharma Perguruan Tinggi. Sabtu (3/11), Program Studi Teknik Elektronika PENS, usai menggelar Workshop Internet Of Things (IoT) yang mana menggunakan perangkat Embedded untuk peningkatan kreatifitas pembelajaran di Sekolah. Workshop tersebut bertempat di Ruang D-306 Gedung D4 PENS.

Diikuti oleh 27 peserta dari SMA Luqman al Haqim Surabaya dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, serangkaian acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Prodi D3 Elektronika yakni Bambang Sumantri, ST, M.Sc., Ph.D yang dilanjutkan oleh Akhmad Hendriawan, ST., MT. selaku ketua pelaksana. “ Tujuan dari acara ini yaitu mengenalkan kepada siswa SMA mengenai konsep IoT yang dapat bermanfaat di masyarakat. Serta memberikan wawasan mengenai IoT agar saat mereka memasuki dunia perkuliahan, mereka siap dan dapat langsung mengimplementasikannya,” ungkapnya.

Pemaparan materi disampaikan oleh salah satu mahasiswa Elektronika yakni Prajna Adi Chandra. Pada workshop ini peserta dijarkan perihal beberapa software IoT dengan menggunakan Blynk. Dimana blynk ini merupakan platform untuk aplikasi OS Mobile (IOS dan  Android) yang bertujuan untuk untuk kendali module Arduino, Raspberry Pi, dan module sejenisnya melalui internet. Tidak hanya itu, turut dilakukan percobaan pembuatan sistem kendali dan pengamatan rumah berbasis IOT menggunakan nodeMCU dan blynk.

Para peserta pun tampak antusias mempraktikkan sesuai yang dicontohkan oleh pemateri. Diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat melalui workshop ini, dapat termotivasi untuk tergerak dalam memberikan solusi untuk lingkungan masyarakat. “Semoga peserta dapat menemukan solusi kreatif untuk memecahkan persoalan di sekitarnya dengan memanfaatkan teknologi berbasis IoT contohnya pada sistem keamanan lingkungan sekitar dengan smartphone. Serta dapat menjadi pelopor teknologi di lingkungan sekitarnya kelak terutama pada revolusi industri 4.0,” imbuhnya. (umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian