Surabaya, pens.ac.id – Perkembangan jaman kini telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang berdampak pada semua alat komunikasi sudah berbasis digital. Sebagai upaya untuk menghadapi era digital tersebut, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Sky Venture usai menggelar kegiatan User Interface (UI)/User Experience (UX) Workshop dengan mengusung tema Penerapan Design Thinking Dalam Membangun Aplikasi UI/UX. Berlangsung pada Sabtu (3/11), kegiatan ini bertempat di Mini Teater Gedung Pascasarjana PENS.

Dimulai sejak pukul 08.30 WIB, peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 55 mahasiswa dari berbagai kampus di Surabaya. Dibuka dengan sambutan dari Zainal Arifin selaku penanggung jawab kegiatan serta moderator acara tersebut. Memasuki acara inti, menghadirkan Yoki Tyas Riesmana yang merupakan perwakilan TopCoder Indonesia sebagai pembicara. Dalam kesempatan ini disampaikan mengenai peluang dan tantangan seorang designer UI/UX. Beliau juga menjelaskan mengenai bagaimana menjadi designer digital yang baik.

Materi berikutnya disampaikan oleh Dwinawan Haniwijaya yang merupakan Paperpillar Co-Founder, dalam materi ini dijelaskan bagaimana membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan tips agar klien puas dengan karya kita. “Design Thinking merupakan sebuah proses bagaimana agar kita bisa memahami masalah dengan clear, lalu bisa memberikan solusi dengan tepat,” tutur Zainal Arifin. Tak hanya materi, studi kasus pun diberikan kepada peserta untuk mengaplikasikan materi yang telah dipaparkan dan mempresentasikannya.

Seluruh peserta mengkuti serangkaian acara dengan antusias. “Acaranya sudah bagus, pematerinya juga informatif sehingga untuk pemula seperti saya bisa lebih paham dengan materi yang disampaikan,” ungkap salah satu peserta, Moch Ali. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat sehingga dapat bersaing di industri digital nantinya.  (biy/ani)