Surabaya, pens.ac.id – PENS menyelenggarakan Bursa Kerja Terpadu Politeknik di Indonesia 2018 pada (30-31/10). Agenda tersebut diadakan dalam rangka menjembatani dunia industri dengan lulusan politeknik dengan berbagai kompetensi keahlian. Secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEKDIKTI, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc., acara digelar di auditorium pascasarjana dan diikuti oleh 27 perusahaan.

Beberapa perusahaan yang bergabung diantaranya: PT. Epson, PT. ADR Group, PT. JAI, PT. Mayora Indah,  PT. Indofood Sukses Makmur, PT. Cargill, Sepulsa, PT. Langgeng Jaya Plastisindo, PT. Krakatau Daya listrik, PT. Tri Ratna Diesel, PT. Otto Menara Globalind, PT. PAMA, PT. Astra Honda Motor, PT. Jatim Autocamp Indonesia, PT. Indonesia Indicator, PT. Digdaya Olah Teknologi, PT. Buana Varia Komputama, PT. Trikom Media Suksestama StickEarn, Alfamidi, Mikatasa Agung, Daihatsu Motor, Pabrik Mesin.com, dan Wilmar Group. Pada hari pertama pelaksanaan bursa kerja, jumlah pengunjung hampir menyentuh angka seribu. Pengunjung dapat melamar pekerjaan langsung di tempat ataupun secara online. Beberapa perusahaan juga difasilitasi untuk mengadakan serangkaian tes perekrutan di kampus PENS.

Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, mengungkapkan bahwa agenda ini baru pertama kalinya dilaksanakan. “Biasanya masing-masing politeknik mengadakan bursa kerja sendiri. Termasuk PENS yang sudah beberapa kali menyelenggarakan. Namun baru tahun ini 40 politeknik bersinergi untuk terwujudnya acara ini.” Pada kesempatan ini turut hadir para perwakilan dari politeknik yang tergabung.

Agenda bursa kerja terpadu ini juga dibarengi dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) oleh 40 politeknik dengan Universitas Chung Cheong Korea. MoU mencakup kerjasama di bidang teknik, kesehatan, pariwisata, dan pertanian, yang relevan dengan program studi politeknik di Indonesia.

(hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian