Surabaya, pens.ac.id – Sebagai salah satu Hari Besar Nasional Republik Indonesia, peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum yang selalu diperingati setiap tahunnya. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pun telah usai menyelenggarakan upacara pada Senin (29/10). Bertempat di Lapangan Merah Gedung D3, upacara ini bertujuan mengajak seluruh civitas akademika terutama mahasiswa untuk sadar akan perannya sebagai pemuda sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Menjadi peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90, tema nasional yang ditetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia tahun ini adalah “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Dihadiri oleh dosem, karyawan, serta mahasiswa 2018 program Diploma IV, seluruh peserta tampak khidmat mengikuti seluruh rangkaian upacara. Pada momen kali ini, Ronny Susetyoko, S.Si, M.Si selaku Wakil Direktur III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan berkesempatan menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

“Pemuda dulu harus berjuang untuk kemerdekaan, kalau pemuda saat ini terutama mahasiswa harus berjuang menyongsong Indonesia yang lebih baik,” ungkap Ronny Susetyoko, S.Si., M.Si. Dalam amanatnya, beliau pun berharap agar pemuda khususnya mahasiswa PENS bisa memaksimalkan potensi yang mereka miliki serta memiliki jiwa yang kompetitif dengan tetap menjaga nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Setelah dikumandangkannya lagu Bangun Pemudi Pemuda, doa pun menjadi penutup dari upacara kali ini.

Dengan diperingatinya Hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya, diharapkan mahasiswa dapat terus sadar akan perannya sebagai generasi penerus bangsa. “Melalui upacara ini kami diingatkan lagi bahwa kami harus mengimplementasikan semangat juang pemuda terdahulu dalam bentuk semangat meraih berbagai prestasi,” ungkap salah seorang mahasiswa. Ia pun menambahkan bahwa upacara ini menjadi penyemangat bagi mahasiswa PENS untuk terus membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi. (tts)

wpChatIcon
EnglishIndonesian