Bali, pens.ac.id  – Hari kedua (30/10) , serangkaian kegiatan International Electronics Symposium (IES) 2018, yang diselenggarakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), menghadirkan keynote speaker dari Keio University, Prof. Yasushi Kiyoki. Dengan moderator Dr. Anang Tjahjono, kegiatan dimulai pukul 09.00 WITA di Ballroom The Patra Bali Resort and Villa Kuta Bali.

Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh Keynote Speaker dengan tema “Environmental Artificial Intelligence for Semantic Computing with Dynamic Dimensional Control : The Mathematical Model of Meaning (MMM) and 5D World Map System”. Materi ini menjelaskan tentang penggabungan dan penerapan kecerdasan buatan pada lingkungan.

Pemateri juga menjelaskan, tentang Mathematical Model of Meaning dan peta dunia dengan sistem 5 dimensi. Dr. Anang Tjahjono mengatakan, riset ini kedepannya akan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan menggunakan kecerdasan buatan.

IES mengahadirkan Keynote Speaker dari Jepang, karena beberapa tahun terakhir, Prof Yasushi  sudah bekerjasama dengan para dosen di PENS, dan sudah melakukan MoU dengan semua Politeknik di Indonesia.

IES 2018 dibagi dua konferensi yaitu IES on Knowledge Creation and Inteligent Computing (IES-KCIC), dan IES on Engineering Technology and Applications (IES-ETA). Setelah masing-masing peserta mempresentasikan papernya, acara dilanjutkan dengan Workshop Session II oleh Asia Artificial Intelligence Institute(AAII) dengan tema “Smart Environment with Interactive Multimedia System and Aplication”.

Workshop akan dimoderatori  Dr. Amang Sudarsono, dengan panelis dari PENS yaitu  Dr. Achmad Basuki dan Dr.Dhoto Sritrusta . Sedangkan dari  Universitas Musashino Jepang, ada Dr. Takafumi Nakanishi, Dr. Yasuhiro Hayashi, dan Mr. Takashi Kumagai.

Setelah Workshop, akan dilakukan upacara penutupan, dan pengumuman peraih paper terbaik selama IES 2018. (hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian