Surabaya, pens.ac.id – Guna meningkatkan kepekaan dan kepedulian kepada masyarakat, Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) EEPIS Bidikmisi Organization (EBIO) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menggelar kegiatan bakti sosial. Dihelat pada Minggu (21/10), tema yang diusung pada bakti sosial kali ini adalah kesehatan. Bertempat di Jalan Sidotopo Wetan RT 04, kegiatan ini bertujuan memberi penyuluhan tentang pentingnya sikat gigi untuk anak-anak di daerah tersebut.

Merupakan kali kedua pelaksanaanya, antusiasme dari warga setempat cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan hadirnya 40 anak serta beberapa orang tua yang turut mendampingi. Menghadirkan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Surabaya, sejak pukul 08.00 WIB kegiatan dimulai dengan pemeriksaan gigi, yang dilanjutkan dengan simulasi bagaimana cara menyikat gigi dengan benar. Semangat dari anak-anak pun semakin tampak saat panitia menghadirkan badut untuk penyuluhan pentingnya sikat gigi. 

Bertujuan meningkatakan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, kegiatan berlokasi di pemukiman kumuh sekitar rel kereta api. “Target disini memang lebih ke arah anak-anak disekitar pingiran rel agar mereka sadar akan betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi,” ungkap Juniarty Pradifta selaku ketua pelaksana kegiatan. Berlangsung hingga pukul 12.00 WIB, kegiatan ditutup dengan games sekaligus pembagian hadiah.

“Seneng banget dengan acara kayak gini dan gak mau udahan,” ujar beberapa anak yang mengikuti acara tersebut. Usai berakhirnya kegiatan, diharapkan masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan, baik diri sendiri maupun lingkungan sekitar. “Teruntuk kegiatan bakti sosial kali ini, semoga apapun yang kita beri ke masyarakat dapat tersampaikan dengan baik dan semoga anak kecil disana benar-benar mendapatkan kesehatan dan pendidikan yang layak,” ungkap Juniarty Pradifta. (biy/tts)

wpChatIcon
EnglishIndonesian