Surabaya, pens.ac.id – Guna menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa, Departemen Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Sistem Pembangkit Energi (Hima Energi) telah usai menggelar acara Entrepreneurship Seminar 2018. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (13/10) ini mengusung tema “Change Your Life, Let Yourself Be A Young Entrepreneur”. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa aktif Program Studi Sistem Pembangkit Energi (SPE).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB ini dibuka dengan materi sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dibawakan oleh dosen SPE, Hendrik Elvian Gayuh Prasetya, S.T., M.T. Dihadirkan pula Rizki Aris Yunianto yang merupakan seorang wirausahawan sukses Sego Njamoer yang sudah memiliki banyak outlet di Indonesia. Selain berbagi pengalaman,  dalam kesempatan ini, Rizki juga berbagi tips kepada mahasiswa yang masih bingung untuk memulai sebuah usaha.

Materi yang telah diberikan tentunya membuka pandangan mahasiswa untuk dapat mengoptimalkan kesempatan seperti PMW dan PKM sebagai wadah untuk menyalurkan kreatifitasnya. “Pastinya untuk mahasiswa SPE semoga dapat berkontribusi dalam PMW, tidak hanya berupa makanan atau jasa tetapi dapat pula dalam bentuk teknlogi,” ujar Moch. Faqih selaku ketua pelaksana kegiatan. “Nantinya juga dari Hima Energi dan dosen SPE akan ikut membantu untuk menyalurkan ide-ide dari mahasiswa agar dapat didanai oleh PENS,” Imbuh Faqih.

Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk dukungan untuk program pemerintah dalam menurunkan angka penganguran dari lulusan terpelajar di Indonesia. “Kegiatan ini bagus sekali untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam bidang kewirausahawan sehingga setelah lulus nanti tidak hanya menjadi job seeker tetapi juga job maker,” ungkap salah satu peserta seminar, Dania Husna. Diharapkan, mahasiswa dapat mengenal entrepreneurship lebih dalam sehingga dapat terpacu untuk terjun ke bidang ini. (biy/res)