Surabaya, pens.ac.id-  Berhasil memborong medali dalam ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -31, Politeknik Elektronika Negeri surabaya (PENS) terus berupaya untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) mendatang. Untuk mendukung hal tersebut Kementrian Riset dan Teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM PENS) telah usai menggelar Sosialisasi PKM 5 Bidang dan AI-GT pada Kamis (11/10). Bertempat di Ruang Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, acara berlangsung lancar.

Acara diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan sambutan  oleh Ahmad Faiq Naufal selaku Presiden BEM PENS 2018. Kemudian Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan yakni Ir. Anang Budikarso, MT. Memasuki acara inti, terdapat talkshow yang diisi oleh tim PIMNAS yang berhasil membanggakan kampus dengan kemenangan yang telah diperoleh. Dimana kontingen PENS berhasil membawa pulang tiga emas, satu perak dan satu perunggu. Sehingga PENS berhasil menduduki peringkat tujuh dari sepuluh Perguruan Tinggi teratas dalam  PIMNAS-31.

Selanjutnya terdapat pula yang permainan yang mengasah otak yang disambung dengan pemaparan materi  oleh  Ir. Edi Suryanto, M.Sc, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang merupakan salah satu juri saat Monev Eksternal 31 PENS. Materi yang disampaikan meliputi pengertian PKM, penetuan ide, aturan penulisan proposal, pengenalan buku pedoman PKM, serta manfaat dari PKM. Diungkapkan pula bahwa terdapat beberapa hal yang penting dari berhasilnya pendanaan PKM seperti, keterampilan dalam berkomunikasi, manajemen skill dan waktu, pengetahuan akademik, dan berpikir kreatif. Mahasiswa pun tampak antusias saat dibukanya sesi tanya jawab.

Usai diapaparkannya materi, diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam PKM sehingga dapat meningkatnya prestasi pada PIMNAS ke-32. “Saya harap melalui sosialisasi ini bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang skill of thinking atau kempuan berpikirnya serta bidang managerial skill nya, yang merupakan kemampuan memanage program,” Ungkap Ir. Edi Suryanto, M.Sc, Ph.D sebagai pemateri. Acara pun ditutup dengan pemberian cinderamata dan pembacaan doa. (msa/umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian