Surabaya, pens.ac.id – Rangkaian kegiatan PENS Sehat yang diselenggarakan Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) masih terus berjalan. Salah satu agendanya yakni Medical Check-Up yang dihelat selama dua hari (9-10/10). Bertempat di Hall Gedung D4, kegiatan yang telah terselenggara sebanyak tiga kali ini tetap mendapat antusias yang besar dari mahasiswa PENS.

Dimulai sejak pukul 18.00 WIB, Medical Check-Up hari pertama dibuka khusus bagi mahasiswa tingkat akhir. Hanya berselang sekitar 20 menit sejak dibukanya pendaftaran, mahasiswa yang mendaftar sudah mencapai target maksimal yakni 60 orang. Hal serupa pun terjadi saat hari kedua, yang bisa diikuti oleh mahasiswa PENS non-tingkat akhir. Setelah mendaftarkan diri, mereka pun secara bergantian melakukan serangkaian tes kesehatan yang diberikan mulai dari tes tekanan darah, gula darah, asam urat, hingga kolesterol.

Bekerjasama dengan Tim Bantuan Medis Kelompok Pengkaji Lingkungan Aesculap (KPLA) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, mahasiswa yang mendaftar juga bisa melakukan konsultasi kesehatan secara langsung. “Kegiatan ini sangat bagus, apalagi untuk mahasiswa PENS yang jadwalnya sangat padat,” ungkap salah seorang mahasiswa, Aditya Ilham. Ia pun menambahkan bahwa kegiatan semacam ini harus bisa terus dikembangkan karena sangat dibutuhkan mahasiswa PENS khususnya tingkat akhir, sebagai persiapan menghadapi tugas akhir.

“Dengan adanya kegiatan ini diharap mahasiswa sadar akan pentingnya kesehatan mereka,” ungkap Ketua Pelaksana PENS Sehat, Devit Afrida Eka Rahmawati. Pihaknya pun berharap kedepannya kegiatan semacam ini dapat terus dijalankan dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Inginnya tiap tahun semakin baik, dari segi fasilitas, sarana dan lain-lain. Karena ini salah satu cara kita untuk menyadarkan mahasiswa agar memperbaiki pola hidup dan memperhatikan kesehatan,” imbuhnya. (tts)