Surabaya, pens.ac.id – Untuk menjalin kerjasama, Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Country Office Indonesia , hari ini (11/10) berkunjung ke Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Kedatangan perusahaan internasional milik pemerintah Jerman ini, diwakili oleh Bapak Makhdonal Anwar, yang menjabat sebagai Koordinator Program Migrasi Developmen GIZ, disambut langsung oleh Wakil Direktur 1 PENS, Dr. Indra Adji Sulistijono.

Diskusi kali ini membahas Programe Migration for Development dari CIM (Centre for International Migration and Development) yang diimplementasikan GIZ di 23 negara, termasuk Indonesia. CIM merupakan joint operation antara GIZ dengan Federal Employment Agency. Dan Indonesia merupakan salah satu negara terpenting dalam pelaksanaan program ini, dimaana setiap tahunnya CIM memberikan dukungan finansial dan non-finansial kepada alumni yang kembali ke Indonesia dan bekerja di sektor yang menjadi fokus kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jerman.

Selain itu, program kerjasama yang ditawarkan GIZ  adalah program dual sistem, yaitu program perkuliahan yang diselenggarakan industri di Jerman dengan sistem magang satu tahun. Meskipun programnya magang, semua akomodasi sudah ditanggung oleh pemerintah Jerman, termasuk honor magang.

 “Selain menjalin kerjasama, kedatangan GIZ, mempunyai keuntungan tersendiri, yaitu membantu mencarikan informasi dan relasi jika ada beasiswa kuliah S2 atau S3 di Jerman. Jadi tugas kami tinggal memberi semangat untuk para mahasiswa supaya belajar lebih giat. ” Ujar Wakil Direktur 1 PENS.

Untuk tindak lanjut kerjasama ini, pihak PENS akan mengadakan MoU yang akan dilaksanakan di akhir tahun. Karena, melalui GIZ, pemerinath Jerman siap membantu  PENS  jika  membutuhkan expert dibidang tertentu.

(Hum)