Surabaya, pens.ac.id – Guna meningkatkan kreatifitas mahasiswa di bidang desain, Himpunan Mahasiswa Multimedia Broadcasting (Hima MMB) telah usai menggelar Workshop Design Thinking bertajuk “How to Create Your Idea” pada Jumat (28/9). Design Thinking sendiri merupakan metode yang digunakan desainer dalam ide, pengembangan, maupun aplikasi. Metode tersebut menggambarkan proses desain yang terpusat pada manusia. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Workshop kali ini membahas mengenai bagaimana prinsip dari sebuah desain dan cara menyelesaikan masalah dari akar masalah.

Dalam kesempatan tersebut, Hima MMB turut menghadirkan Eko Sucahyo seorang Corporate Trainer juga User Research 3t Design Thinking sebagai pemateri. Penyampaian yang menarik dan berbeda membuat para peserta yang berasal dari Program Studi D3 Multimedia Broadcasting dan D4 Teknologi Game terlihat semangat dan antusias. Diawal pembukaan, Eko menayangkan dua video kepada para peserta sebagai pengantar materi yang akan dipaparkan.

Tidak hanya memberikan materi, dalam presentasinya ia juga kerap mengajak peserta untuk melakukan sebuah permainan yang dapat mengasah otak dan memudahkan para peserta dalam memahami apa arti dari Design Thinking. Beberapa motivasi serta tips bagaimana cara peserta menjadi seorang Designer yang mampu bersaing juga turut disampaikan. Dengan memposisikan diri menjadi orang lain dan mengetahui apa yang paling di inginkan konsumen, peserta diajarkan lebih mengedepankan keinginan konsumen.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 18.00 WIB ini ditutup dengan sesi tanya jawab. “Antusias para peserta membuat saya bangga, harapan saya dari Workshop ini mahasiswa lebih berani menyampaikan gagasannya. Karena gagasan yang dimiliki setiap mahasiswa tidak hanya bersifat personal, tapi juga dapat menjadi gagasan yang universal,” ujar Siti Cesaria Sahdela selaku Ketua Pelaksana. (msa/dya)

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian