Surabaya, pens.ac.id – Sebagai salah satu fungsi dakwah dalam islam, peran penyebaran informasi melalui media tulisan terus berkembang. Ilmu jurnalistik pun dirasa penting keberadaannya untuk meningkatkan kualitas sebuah media informasi yang baik. Guna mendukung hal tersebut, Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan kegiatan Workshop Media Jurnalistik pada Minggu (23/9). Bertempat di Gedung Teater D3 PENS, workshop bertajuk Konvergensi Media Dakwah Islam ini dibuka untuk umum.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan ini diikuti secara gratis oleh semua kalangan. Acara dimulai dengan tilawatil qur’an oleh Muhammad Lutfi Hidayat dan dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala Departemen Media dan Informasi (MEDINFO) UKKI yakni Arjun Bagus Mulyono serta Ir. Anang Budikarso, MT. selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan.  Kegiatan yang berfokus pada ilmu jurnalistik ini menghadirkan H. Fajar Arifianto Isnugroho, S. Sos, M, Si. yang merupakan Dewan Redaksi Suara Muslim sebagai pemateri. “Disini  saya mengajak para peserta untuk memahami profesi jurnalis sebagai profesi mulia yang merupakan mata dan telinga masyarakat dalam penyampaian informasi. Dan media itu berisi hal yang memberikan informasi, edukasi, serta hal yang  bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Saat pemaparan materi berlangsung, dijelaskan bahwa jurnalistik tidak hanya sekedar menulis, tetapi terdapat beberapa tugas lainnya diantaranya liputan, wawancara, menyajikan berita, serta memilah berita yang layak ataupun tidak.  Diungkapkan pula bahwa dalam menulis harus memperhatikan gaya kepenulisan yang tidak berlebihan, tidak minim data, proporsional, dan sesuai dengan fakta. “Peran penting jurnalis yaitu menyampaikan sesuatu yang benar faktanya. Di era sekarang ini diperlukan kepedulian untuk membangun media dakwah yang baik,” imbuhnya.

Usai materi disampaikan, sesi kedua yakni mempraktikkan menulis berita berdasarkan bahan yang telah disediakan. Para peserta berlomba-lomba untuk menulis berita dengan baik dan benar. Penilaian turut dilakukan saat itu juga. Dimana pemateri memeriksa beberapa hal yakni judul, susunan berita, serta pengolahan kata. Dua orang pemenang pun terpilih untuk mendapatkan hadiah. Pukul 14.00 WIB, serangkaian acara ditutup dengan penyampaian kesimpulan, pemberian cinderamata dan berfoto bersama.

(umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian