Singapura, pens.ac.id – Berbagai prestasi di beragam bidang terus ditorehkan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).Kali ini, salah satu mahasiswa tingkat dua Program Studi Teknik Telekomunikasi, yakni Herbandhu Sutyo Negoro, berhasil meraih predikat first place dan best presentation pada ajang bertajuk International Business Plan Championship. Kegiatan berskala internasional ini berlangsung selama dua hari (24-25/8) di Marina Bay Sands, Singapura.

Untuk meraih prestasi ini, berbagai tahapan seleksi mulai dari administrasi, proposal bisnis, hingga wawancara online, telah dilalui oleh Herbandhu. Bersaing dengan lebih dari 80 peserta dari berbagai negara, tentunya telah dilakukan persiapan yang matang. “Setelah dapat pengumuman lolos itu kami dibimbing, proposal dilihat, ada revisi, saya perbaiki. Begitu terus sampai Hari-H,” tukasnya.

Dalam business plan-nya, Herbandhu membuat suatu rencana bisnis bernama MAKNYUSS, yang merupakan aplikasi pesan antar barang di pasar tradisional serta jasa privat memasak. Gagasan ini didapat dari kondisi kegiatan ekonomi lokal yang semakin mati dengan maraknya supermarket. Dengan aplikasi ini, ia bermaksud untuk membantu mengembangkan bisnis lokal agar dapat bersaing di era digitalisasi ini.

Bersaing membawa nama Indonesia, tidak menciutkan mental Herbandhu dalam berkompetisi. Dengan mengangkat permasalahan lokal, MAKNYUSS mampu meraih predikat first place dan best presentaion. “Bisnis kami pesaingnya masih sedikit, untuk yang privat masak bahkan belum ada. Impact yang akan dihasilkan nanti kalau aplikasi ini sudah jadi akan besar juga,” ujarnya.

Tidak hanya perlombaan, Herbandhu juga mengikuti seminar bisnis yang juga merupakan serangkaian kegiatan ajang ini. Dengan diraihnya prestasi ini, Herbandhu berharap dapat lebih mengembangkan rencana bisnisnya. Selain itu, mahasiswa PENS juga diharapkan dapat termotivasi untuk terus berprestasi pada bidang apapun yang mereka minati. (res/dya)