Surabaya, pens.ac.id – Sebagai bentuk pemberian wawasan terhadap mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  perihal kehidupan di era digital, Departemen Informatika dan Komputer (TIK) telah usai menggelar kuliah tamu Big Data and Analytics menggunakan R dan R Studio, hari ini (4/9). Hadirkan Mr. Sharat Chandra yang merupakan Senior Data Scientist and Trainer for Analytics – EXCELR sebagai pemateri, acara ini bertempat di Ruang Miniteater Gedung Pascasarjana PENS.

Acara dibuka dengan sambutan oleh ketua pelaksana yakni Tri Hadiah Muliawati, S.ST., M.Kom. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Beberapa materi yang dibahas diantaramya pengantar big data, pengenalan perintah dasar  R dan R studio, uji coba ekstraksi data dari laman website, serta pengolahan data.“ Disini saya menyampaikan bahwa menggunakan R Studio akan memiliki banyak fitur ramah pengguna. Dimana dapat membantu untuk melakukan analisis statistik dan juga mempelajari kode yang ada,” tutur Mr. Sharat Chandra selaku pemateri.

Pada pemaparan materi dijelaskan bahwa R dan R Studio merupakan suatu free software untuk analisis data dan grafik yang didasarkan pada bahasa pemrograman. Dimana tujuannya adalah untuk mengembangkan bahasa yang fokus pada analisis data, statistik dan model grafis. Mr. Sharat Chandra turut menjelaskan bahwa R adalah bahasa pemrograman yang erat dipakai oleh para scientist sejak tahun 1993. Dengan demikian, melalui hadirnya teknologi big data maka R banyak digunakan untuk melakukan analisis data yang sangat besar tersebut.

Pada sesi tanya jawab, mahasiswa Departemen Teknik Informatika dan Komputer tampak aktif. Dimana mereka bergantian saat mengutarakan pendapat maupun melontarkan beberapa pertanyaannya. “Harapannya setelah adanya kultam ini mahasiswa akan ada keinginan untuk mau belajar lebih mengenai beberapa hal yang telah dipaparkan tadi,” ungkap Tri Hadiah Muliawati, S.ST., M. Kom. (umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian