Surabaya, pens.ac.id – Automatic 3D – Anaglyph Action camera Holder, salah satu karya mahasiswa Polteknik Elektronika Negeri Surabaya yang berhasil membawa nama PENS masuk 10 besar dalam PIMNAS ke- 31 (1/9/2018) di Universitas Negeri Yogyakarta . Karya ini  di kelas Karsa Cipta 4, berhasil membawa satu emas untuk kategori presentasi dan satu  perunggu untuk kategori poster.

Automatic 3D adalah alat yang berfungsi untuk meningkatkan produksi video 3D , yang dapat merekam 2 action kamera secara bersamaan. Alat ini punya keunggulan, yaitu penggunaannya yang mudah karena hanya dengan 1 kali klik mampu merekam video secara bersamaan, dan 1 kali klik rendering video 3D selesai dalam waktu hitungan menit.

Automatic 3D  dicetus oleh 3 mahasiswa dari jurusan Multimedia Broadcasting, yaitu Ragil Iqbal tawakal, Akemad Ragel, dan Nur Rohma Wulandari , dengan dosen pembimbing  Drs. Achmad Basuki, M.Kom, Ph.D.  Ragil mengatakan, alat ini dibuat karena daya ingat manusia dapat meningkat 60% melalui penggunaan media 3D sehingga lebih efektif dan efisien jika diterapkan dalam proses pembelajaran.

“Dengan hadirnya Automatic 3D Action Camera Holder, video 3D dapat diproduksi dengan mudah dan murah. Masyarakat mampu membuat video 3D dengan 2 buah action camera dengan harga kisaran enam juta rupiah dibanding dengan yang lain yang pembuatannya mecapai ratusan juta rupiah. Sehingga bisa hemat sekitar 95%.”, ujar Ragil.

(hum/pp)

wpChatIcon
EnglishIndonesian