Yogyakarta, pens.ac.id – Kontingen PENS berhasil meraih tiga medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu dalam ajang PIMNAS-31. Hasil akhir dibacakan pada acara penutupan, yang diselenggarakan di GOR UNY pada Sabtu (1/9). Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A.

Dua medali emas sekaligus berhasil diperoleh tim REY (Inovasi Robot Pembawa Barang dengan Kemampuan Membangun Peta 2 Dimensi dan Fitur Pengikut Manusia) pada kategori poster dan presentasi. Satu emas kategori presentasi dan satu perunggu kategori poster juga berhasil diraih oleh tim Automatic 3D Anaglyph Action Camera Holder. Sementara itu, tim SAFE-T (Implementation of Visible Light Communication for Safety Driving in Intelligence Transportation System) mendapatkan medali perak pada kategori poster.

Berbagai dukungan terus diberikan kepada tim PENS yang belum berkesempatan memperoleh medali. “Di ajang ini saya merasa bahagia bisa mendapatkan juara. Sebelumnya saya benar-benar tidak menyangka karena melihat penampilan tim lain yang tidak kalah bagus. Saya berharap mahasiswa PENS dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan capaian prestasinya pada ajang PIMNAS di tahun selanjutnya,” ungkap Muhammad Zainur Rofit selaku ketua tim REY.

Perolehan medali PENS pada tahun ini mengalami peningkatan. Di penghujung acara, diumumkan urutan 10 Perguruan Tinggi teratas dalam PIMNAS-31, dimana PENS berhasil menempati posisi ketujuh. Direktur PENS, yakni Dr. Zainal Arief, merasa bangga bahwa PENS bisa kembali memborong medali emas. “Saya sangat bersyukur atas prestasi yang telah diperoleh pada ajang ini. Usai PIMNAS ini, kami akan adakan evaluasi. Dimana yang baik akan dipertahankan dan yang masih kurang akan diperbaiki untuk PIMNAS ke-32,” tuturnya.

(hum/umi)