Yogyakarta, pens.ac.id – Dalam pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), turut dihelat Sarahsehan Pemimpin Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan pada Jumat (31/8). Acara ini dihadiri oleh perwakilan pimpinan Perguruan Tinggi yang mengikuti PIMNAS ke-31. Bertempat di Digital Library UNY, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan persembahan tarian tradisional Golek ayun-ayun.

Setelah sambutan yang diberikan oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M. Pd., acara secara resmi dibuka oleh Sekertaris Dirjen Belmawa, Prof. Rina Indiastuti. Rapat dipimpin oleh Ketua Forum Wakil Rektor III UNY yakni Dr. Bambang Budi Raharjo, M., Si., yang didampingi oleh Wakil Rektor III UNY yakni Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dan Direktur Kemahasiswaan UNY yakni Dr. Didin Wahidin, M.Pd, beserta jajarannya.

Agenda rapat tersebut adalah diskusi dan sosialisasi terkait penyempurnaan sistem PKM dan PIMNAS ke-31, serta sistem pemeringkatan perguruan tinggi tinggi bidang Kemahasiswaan. Pelaksanaan PIMNAS ke-32 pada tahun 2019 pun turut dibahas dalam forum tersebut. Tercatat beberapa Perguruan Tinggi yang telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah untuk helatan PIMNAS ke-32.

Peningkatan jumlah reviewer dan juga jumlah PKM yang telah didanai turut dipaparkan. “PIMNAS tahun ini telah mengalami peningkatan. Reviewer tahun lalu sebanyak 165 dan meningkat menjadi 244. Jumlah PKM yang didanai pada PKM 5 bidang sebanyak 4.183 serta PKM KT sebanyak 30. Total jumlah perguruan tinggi peserta PKM tahun ini mencapai 1004. Saya harap untuk tahun selanjutnya peningkatan dapat jauh lebih merata, ” tutur Dr. Bambang selaku ketua forum.

(hum/umi)